Vertikultur di Teras Rumah, Irit Lahan Dan Bisa Memaksimalkan Jumlah Tanaman

Vertikultur di teras rumah ini bisa dilakukan kalau memang tidak punya halaman sama sekali rumahnya. Bisa juga teras rumah ini betul-betul dimanfaatkan lahan yang ada, dan bahkan bisa juga sampai di atap teras rumah.

Selain bisa memaksimalkan jumlah tanaman, pemanfaatan teras rumah ini berguna juga untuk keindahan dan keasrian teras. Rumah semakin indah dipandang, nyaman dan segar untuk dihuni. “Rumahku adalah surgaku” betul-betul akan terwujud.

VERTIKULTUR DI DINDING TERAS RUMAH

Teras rumah merupakan bagian rumah yang menjadi fokus pertama dan utama oleh orang yang datang ke rumah itu. Maka sering penataan teas ini menjadi perhatian yang lebih dari pemilik rumah, karena teras adalah sebagai wajah rumah.

Oleh tuan rumah biasanya teras ditata sedemikian rupa sehingga kelihatan menarik. Tidak sekedar menarik dipandang mata tetapi juga terasa sejuk dan nyaman dirasakan oleh siapapun yang berkunjung. Teras rumah ibaratnya adalah muka dari bagian rumah secara keseluruhan.

Karena berfungsi sebagai muka, maka penataan teras disatukan dengan penataan halaman, kalau memungkinkan rumah itu memiliki halaman. Kalau berada di kompleks perumahan padat mungkin halamannya sangat sempit atau bahkan tidak memiliki halaman.

Kalau berada di perumahan padat maka biasanya halaman rumahnya sangat terbatas. Untuk membuat halaman rumah menjadi sejuk dan asri maka halaman bisa ditanami berbagai tanaman. Kalau halaman rumah sangat sempit atau bahkan tidak memiliki halaman maka teras rumah bisa sebagai tempat untuk menanam.

Bagaimana teras rumah bisa ditanami? Dengan berkembangnya bertanam ala pertanian perkotaan (urban farming) maka teras rumah bisa disulap menjadi lahan pertanian. Teknik vertikultur sebagai jawabannya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Vertikultur adalah teknik menanam dengan menggunakan wadah tanaman yang disusun vertikal ke atas. Berapa jumlah susunnya disesuaikan dengan kebutuhan dan lahan yang ada.

Vertikultur Berbentuk Tiang

Kalau terasnya ada tiang, maka vertikultur berbentuk tiang dengan bahan dari bambu atau paralon. Kalau tidk ada tiang di teras, maka bisa vertikultur dengan wadah digantung. Wadah-wadah bisa disusun menggantung di teras rumah.

Vertikultur Pot Berbentuk Tiang

Jenis tanaman yang ditanam bisa tanaman sayuran dan buah-buahan. Tidak hanya tanaman hias yang biasanya di tanam di teras rumah. Dengan menanam sayuran dan buah bisa memberi manfaat yang lebih bagi kita. Tidak sekedar teras rumah yang cantik, sejuk tetapi bisa sebagai sumber produk pangan bergizi untuk kebutuhan anggota keluarga.

Vertikultur Menggantung

Vertikultur dengan Pot Menggantung

Sebagai alternatif tanaman yang dibudidayakan secara vertikultur berupa tanaman sayuran dan buah-buahan organik. Produk pangan organik semakin diminati masyarakat. Harganya juga lebih mahal daripada tanaman sejenis yang bukan organik.

 

Facebook Comments
__Posted on
October 15, 2019
__Categories
Urban Farming
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *