TABULAMPOT Solusi Pas Di Lahan Terbatas

 

Blimbing Demak

Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) bisa menjadi solusi berkebun dengan lahan yang tersedia semakin sempit. Hal ini sangat cocok untuk media tanam di daerah perkotaan yang memiliki lahan sangat terbatas.

 

 

 

 

1.Perawatan Tanaman Lebih Mudah, Dan Biaya Lebih Murah

Dari segi perawatan, tanaman dalam pot tergolong mudah. Sama halnya dengan tanaman di media selain pot, harus dipupuk dan cukup air serta sinar matahari. Secara spesifik tanaman dalam pot harus memperhatikan beberapa faktor yaitu antara lain penyiramannya di musim kemarau, penggemburan tanah, pemupukan, penggantian tanah dan pemangkasan.

beberapa spesies jeruk

Memiliki tanaman buah di dalam pot (tabulampot) merupakan suatu kebahagiaan tersendiri, apalagi kalau tanaman buah tersebut subur dan berbuah lebat. Apalagi kalau tabulampot diletakkan di sekitar rumah, sehingga mudah untuk merawatnya dan berbuah dengan baik sehingga bisa menjadi hiburan tersendiri bagi seluruh anggota keluarga.

 

 

Dengan media yang terbatas maka bisa mengefisienkan pemakaian pupuk. Pupuk yang digunakan relatif lebih sedikit dibandingkan dengan pemakaian pupuk di lahan yang luas. Dengan lahan sempit maka pupuk akan terserap semua oleh tanaman.

 

  1. Tabulampot Yang Subur Dan Berbuah Lebat, Siapa Yang Nggak Suka? Inilah Tipsnya

Media tanam untuk tabulampot menjadi faktor pertama yang harus diperhatikan. Media tanaman terdiri dari tanah 1 bagian, sekam padi 2 bagian dan pupuk kompos/organik 2 bagian. Dengan kompinasi bahan-bahan tersebut tanaman buah akan subur tanpa terlalu tergantung pupuk kimia sintetis, sehingga menghasilkan buah yang organik.

Perawatan Tabulampot

Mengistirahatkan media juga sangat penting, terutama agar pupuk kompos  dingin dan betul-betul matang, gas beracun yang berasal dari pupuk akan menguap, sehingga tanaman kita terhindar dari penyakit. Selain itu nutrisi dari pupuk tadi menjadi siap makan oleh tanaman. Mengistirahatkan  media perlu waktu 2 minggu.

Selanjutnya adalah perawatan. Perawatan tanaman buah dalam pot sangatlah mudah. Yang perlu diperhatikan sebagai langkah awal yaitu memilih bibit unggul, tercukupinya kebutuhan air dan sinar matahari serta pemangkasan tanaman.

Tabulampot

 

 

 

 

 

Pemangkasan tanaman itu perlu dilakukan, bertujuan untuk membentuk tanaman yang tidak terlalu tinggi dan merangsang tanaman untuk bertunas sekaligus akan merangsang tanaman untuk berbunga. Sehingga tanaman buah dalam pot ini tidak tinggi dengan ranting yang banyak serta buah yang lebat.

 

Facebook Comments
__Posted on
January 29, 2019
__Categories
Urban Farming
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *