by

SUSU KUNYIT, MINUMAN SEGAR TANGKAL INFEKSI VIRUS KORONA

Kunyit (curcuma domestica) tergolong dalam famili jahe-jahean (zingiberaceae), adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini mengalami penyebaran ke wilayah Malaysia, Indonesia, Australia dan Afrika. Kalau di Indonesia (terutama Jawa) kunyit ini disebut salah satu tanaman empon-empon.

Hampir semua orang Indonesia pernah mengonsumsi rempah yang satu ini, baik sebagai bumbu masakan atau dalam bentuk jamu. Kunyit merupakan salah satu empon-empon yang banyak ditemukan di Indonesia, karena manfaat tanaman ini untuk bumbu masakan Indonesia dan juga untuk minuman kesehatan.

Kunyit memiliki rasa pahit, agak pedas, baunya khas aromatik, rimpang berwarna kuning kejinggaan. Batangnya berwarna hijau, berdaun 4 sampai 8 helai, bunganya berwarna coklat dan di tengahnya berwarna merah. Kunyit cocok ditanam di dataran rendah hingga ketinggian 1000 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Kandungan Zat Pada Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Zat-zat itu antara lain: kurkumin, minyak atsiri, lemak, karbohidrat, protein, tepung (pati), vitamin C (anti oksidan), serta garam-garam mineral (zat besi, fosfor, kalsium).

Kunyit (Curcuma Domestica)

Untuk mendapatkan manfaat dari zat-zat yang terkandung dalam kunyit, bisa dengan dikonsumsi, dan ada yang digunakan sebagai obat luar karena karena kandungan zat antiseptiknya sebagai obat anti gatal-gatal pada kulit.

Manfaat Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga digunakan sebagai obat. Kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk perasan (filtrat), juga diminum sebagai sebagai ekstrak dan bisa juga digunakan sebagai salep untuk pengobatan dari luar. Manfaat kunyit untuk kesehatan:

  1. Mencegah alzheimer (pikun)

Kunyit yang mengandung zat anti implamasi dan antioksidan yang tinggi, bisa mencegah penyakit degeneratif (penyakit menurunnya fungsi organ tubuh), sehingga dengan mengonsumsi kunyit bisa mencegah penyakit alzheimer.

  1. Mengobati tifus

Dengan ditambahkan bahan yang lain yaitu serei dan daun sambilata dapat untuk obat tifus

  1. Mencegah kanker

Kandungan kunyit yang berupa zat kurkumin adalah merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan mutasi sel (reaksi berantai). selain itu kurkumin juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker terutama kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru dan juga kanker kulit.

  1. Mengurangi resiko diabet

Kurkumin juga dapat mengurangi resistansi insulin, sehingga kadar glukosa darah dapat dikendalikan sehingga dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2.

  1. Menyembuhkan luka

Kunyit mengandung bahan antiseptik dan bahan antibakteri. Dengan kandungan zat ini sangat baik untuk disinfektan pada luka biasa maupun luka bakar.

  1. Mencegah anemia

Zt besi yang ada di kunyit merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.

  1. Melancarkan pencernaan

Kurkumin dalam kunyit juga dapat membantu proses pencernaan serta mengurangi gejala perut kembung.

  1. Mencegah dan mengobati panas dalam
  2. Mencegah keputihan

Kunyit ditambah bahan yang lain yaitu beluntas dan asam jawa untuk mencegah keputihan pada wanita

  1. Megatasi gatal dan penyakit kulit

Kunyit ditambah biji cengkih yang ditumbuk untuk dibalurkan di bagian kulit yang gatal.

Begitu banyak manfaat dari kunyit. Masalahnya sekarang terutama anak-anak muda untuk mengonsumsi kunyit, yang terbayang adalah minuman jamu tradisional yang identik dengan rasa jamu yang pahit. Maka di tulisan saya ini, saya cantumkan salah satu resep olahan kunyit yang kekinian dan dijamin Anda pasti suka.

Serbuk Kunyit

Susu Kunyit, Olahan Kunyit Yang Kekinian Menjadi Minuman Segar

Orang Indonesia kurang familiar dengan susu kunyit, karena biasanya orang Indonesia hanya diolah menjadi jamu. Susu kunyit memiliki banyak manfaat.

Manfaat susu kunyit:

  • Dengan meminum susu kunyit, Anda akan terhindar dari resiko serangan infeksi bakteri dan virus. Susu kunyit sangat baik untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan.
  • Minuman ini juga menjadi salah satu solusi alami terbaik untuk flu dan batuk karena sifat antivirus (termasuk virus korona) dan antibakteri dari zat yang terkandung di dalamnya.
  • Minuman ini kaya akan antioksidan, sehingga dapat digunakan sebagi pembersih darah dan dapat meningkatkansirkulasi darah di dalam tubuh.
  • Susu dan kunyit adalah antiseptik, sehingga sangat baik untuk kesehatan usus dan dapat membuat usus sehat dan kuat terhadap serangan virus dan bakteri yang masuk.

Susu kunyit yang penuh manfaat, tunggu apalagi? Ayo segera kita konsumsi untuk merasakan manfaatnya. Anda tertarik untuk mencobanya? Tenang Anda bisa membuat sendiri di rumah. Silakan Anda coba resep ini.

Resep Susu Kunyit

Bahan :

1 sdt minyak kelapa organik

1/2 sdt serbuk kunyit

150 ml susu sapi (bisa sari kedele)

Madu (sesuai selera)

Cara membuat:

  • Campur semua bahan kecuali madu ke dalam panci.
  • Panaskan di atas api sedang, pastikan agar campuran bahan tersebut jangan sampai mendidih.
  • Setelah panas (suhu 700 C), tuang susu ke dalam gelas saji kemudian tambahkan madu (sesuai selera) ke dalam campuran secukupnya.
  • Biarkan agak dingin (hangat-hangat), lalu diminum.
Susu Kunyit

Mudah sekali untuk membuat minuman susu kunyit yang segar dan sangat bermanfaat bagi kesehatan ini, terutama untuk menangkal infeksi virus dan bakteri yang sekarang baru merebak adanya virus korona. Minuman segar ini bisa menjadi alternatif tangkal infeksi virus korona. Silakan coba resepnya, semoga bermanfaat.

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed