SISTEM ZONASI DALAM PPDB ONLINE UNTUK MEMENUHI HARAPAN MASYARAKAT DI ERA DIGITAL

Agenda kegiatan akhir tahun pelajaran yang sedang berlangsung saat ini, penuh dengan kegiatan-kegiatan rutin diantaranya pengumuman kelulusan di masing-masing jenjang pendidikan baik di SD, SMP maupun SMA/SMK.

Kegiatan rutin yang berikutnya yaitu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Anak-anak lulusan SD yang mau melanjutkan ke SMP, anak-anak lulusan SMP yang akan melanjutkan ke SMA/SMK sekarang mulai sibuk untuk mempersiapkan kegiatan rutin tahunan ini yaitu PPDB.

PPDB Online adalah inovasi sistem secara online yang dirancang untuk membantu sekolah maupun Dinas Pendidikan selama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru, mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi.

 

PPDB Online Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Penerimaan PesertaDidik Baru

Petunjuk Tenis PPDB dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara obyektif, transparan (bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat, termasuk orang tua peserta didik baru), untuk menghindari segala penyimpangan yang mungkin terjadi.

Sistem PPDB Online ini juga sangat akuntabel, artinya Penerimaan Peserta Didik Baru dapat dipertanggung jawabkan kepada masayarakat, baik prosedur maupun hasilnya, tidak deskriminatif artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti program pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa membedakan suku, daerah asal, agama, golongan dan status sosial ekonomi serta berkeadilan artinya tidak memihak pada kepentingan dari kelompok apapun.

Sosialisasi PPDB Online

Dashboard PPDB Online telah didesain untuk mengetahui informasi detail status pendaftar. Dashboard mempermudah sekolah maupun Dinas Pendidikan dalam pembacaan informasi dengan antar muka sistem informasi yang lebih mudah dipahami dan mengkomunikasikan informasi dengan cepat. Selain itu ada realtime dashboard membantu analisis keadaan dengan cepat sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang efektif. Untuk penjelasan lebih lanjut bisa anda buka link berikut ini : https://jateng.siap-ppdb.com

 

Dekat-dekatan, Cepet-cepetan Dan Tua-tua an Sebagai Penentu Masuk SMA Negeri Dalam Satu Zona

Ada tiga jalur PPDB Online yaitu jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur mutasi. Sekolah negeri wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat, minimal 90 % dari total kuota peserta didik yang diterima. Kriterianya  yang diterima adalah jarak  tempat tinggal dengan sekolahan terdekat, waktu pendaftaran lebih dulu, dan usia yang lebih tua yang diterima di sekolah tersebut.

Proses PPDB Online

Sebanyak 5 % untuk jalur prestasi dan 5 % untuk jalur mutasi mengikuti perpindahan tempat tinggal orang tua karena mutasi tempat tugas orangtua. Jalur prestasi bisa dengan piagam prestasi akademik maupun non akademik diberi alokasi 5 % kuota. Jika kuota untuk jalur prestasi dan mutasi tidak terpenuhi maka dipenuhi dari jalur zonasi.

Dari ketiga jalur tersebut disarankan diutamakan lewat jalur zonasi saja. Bagi calon peserta didik bersiap-siaplah untuk mengikuti proses PPDB Online. Tahapan PPDB Online yaitu :1). verifikasi data calon peserta didik baru(dilakukan di sekolah tempat mendaftar) untuk mendapatkan “token”, 2). pendaftaran secara online menggunakan token yang didapat saat verfikasi data.

Selamat untuk mengikuti PPDB Online bagi calon peserta didik baru.

 

 

 

 

Facebook Comments
__Posted on
June 14, 2019
__Categories
Pendidikan
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *