by

SAYURAN ORGANIK, ANTARA GAYA HIDUP DAN POTENSI BISNIS

Menurut penelitian sayuran organik lebih sehat dibanding dengan sayuran biasa, sebab nutrisinya lebih tinggi dan lebih aman daripada sayur-sayuran biasa.

Bisnis menanam sayuran organik ternyata  memiliki prospek yang sangat menjanjikan, seiring dengan semakin sadar akan kesehatan diri/ gaya hidup sehat maka mereka lakukan dengan mengonsumsi sayur-sayuran khususnya sayuran organik.

Caisim

Sayuran organik memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan sayuran biasanya, karena kompetiternya masih sedikit dan permintaan makin banyak sehingga harganya lebih mahal. Karena cara penanamannya dan perawatannya pun berbeda, di mana perawatannya pun berbeda, dimana perawatan sayuran organik lebih teliti dan ekstra dengan pupuk kompos dan obat antihama alami sehingga hasil sayurannya lebih sehat dan enak.

1. Bagi pemula, pilih sayuran yang mudah ditanam secara organik

Jika kebetulan Anda memiliki lahan yang tidak begitu luas, jangan pernah sia-siakan lahan tersebut. Karena hal ini bisa menjadi peluang untuk berbisnis sayuran organik yang menjanjikan bagi Anda. Berikut beberapa bisnis menanam sayuran organik yang salah satunya bisa menginspirasi Anda untuk memulai bisnis ini.

Lahan tanaman adalah syarat utama dalam menjalankan bisnis ini, meskipun dengan lahan yang sempit. Salah satunya Anda bisa menggunakan metode tanam secara vertikal, karena dengan metode ini anda bisa menghemat tempat dalam bercocok tanam organik.

Bertanam secara vertikal sering diaplikasikan di daerah perkotaan yang sering juga disebut urban farming. Yaitu bertani di daerah perkotaan yang sedang populer pada saat ini. Hanya dengan lahan terbataspun Anda masih bisa memulai bisnis dari nol.

Caisim usia 20 hari setelah tanam

         a) Budidaya Caisim Organik

Caisim bisa tumbuh di lingkungan dengan ketinggian sampai 1000 mdpl (meter di atas permukaan laut).sayuran ini kaya akan protein.jenis sayuran ini kaya akan protein. Jenis sayuran ini juga sangat familiar bagi orang Indonesia dan sering dijadikan sayur khas masakan Indonesia.

Selain bisa ditanam di lahan yang luas sebagai bisnis, bayam juga bisa ditanam di polibag yang tidak memerlukan lahan yang luas. Lahan yang sempit bisa dijadikan lahan tanaman yang bisa menghasilkan tanaman setara dengan hasil dari tanaman di lahan yang luas. Yang sering dikenal dengan teknik lahan vertikal (urban farming).

Budidaya caisim organik pada dasarnya sama dengan budidaya bayam anorganik hanya saja pada aplikasi pupuk caisim organik menggunakan pupuk organik dan juga dalam pengendalian hama terpadu bukan menggunakan pestisida.

 

Penyiapan Benih Caisim

Benih yang diambil adalah benih yang berasal dari bayam yang sudah berumur 90 hari. Benih bayam yang dimaksud bisa langsung digunakan sebagai bibit denan tidak memerlukan masa dorman. 

Penyiapan Lahan

Langkah pertama dalam penyiapan lahan adalah dengan cara membajak lahan, kemudian dicangkul dibuat bedengan dengan lebar 80-100 cm dengan tinggi bedengan 30 cm, jarak antar bedengan dibuat sekitar 40 cm.

Kalau tanah terlalu asam, bisa diaplikasikan plant catalist dengan dosis 3 kg per hektar. Setelah itu tebarkan pupuk kandang di atas dengan dosis 5 ton/ hektar. Plant catalist juga berfungsi untuk mempercepat proses pengkomposan dari pupuk kandang.

Penebaran Benih Caisim

Tebar benih bayam dengan menggunakan saringan. Benih bayam sangat kecil oleh sebab itu penggunaan saringan sangat bermanfaat untuk menyeragamkan benih yang ditebar. Kapasitas tebaran benih bayam adalah 1 gram per meter persegi.

Pemeliharaan Tanaman Caisim Organik

Dalam budidaya bayam organik pemeliharaan tanaman harus benar-benar dilakukan dengan serius. Untuk benih yang baru ditebar harus selalu disiram air paling tidak 2 kali sehari. Penyiraman yang intensif dilakukan agar benih bayam terjaga kelembabannya.

Penyiangan harus dilakukan ketika benih berkecambah. Ketika benih berkecambah , biasanya gulma selalu tumbuh di sekitar benih. Siangi gulma yang berada pada sekitar tanaman. Apabila ada hama atau penyakit serius menyerang tanaman dan mengakibatkan tanaman rusak, gunakan pestisida organik/hayati. Jamur juga berpotensi timbul pada tanaman, lakukan pengendalian yang serius agar bayam tetap terjaga kesehatannya.

Panen Caisim

Tanaman bayam mulai bisa dipanen mulai usia 3 minggu. Rata-rata bayam perhektar dapat menghasilkan 15-20 ton cabutan per hektar. Bayam yang dicabut, disortir menurut bentuk dan kualitasnya, lalu diikat/dikemas dengan diberi bandrol logo nama usaha Anda.

Kangkung Darat

          b). Budidaya Kangkung Darat Organik

Saat ini kangkung darat lebih banyak beredar di pasar-pasar komersial dibanding kangkung air. Budidaya kangkung darat sangat mudah karena sayuran ini bersiklus panen cepat dan relatif tahan hama. Karena itulah harga kangkung di pasaran relatif murah dibanding jenis sayuran lain.Untuk meningkatkan nilai tambah, kita bisa melakukan budidaya kangkung darat secara organik. Harga kangkung darat organik relatif lebih tinggi.

Untuk mendapatkan tanaman yang baik, maka harus dilakukan pemilihan benih yang baik pula. Benih kangkung darat yang baik adalah benih yang memiliki daya tumbuh lebih dari 95 % dan tumbuhnya tegak sampai umur 8 minggu.

Pada budidaya kangkung darat, tanah harus diolah dengan cangkul agar gembur kemudian dibuat bedengan dengan lebar 1 meter dan panjang menyesuaikan dngan petak lahan. Jarak antar bedengan 30-40 cm fungsinya sebagai saluran pengairan dan jalan untuk pemeliharaan dan pemanenan.

Untuk budidaya kangkung organik, siapkan pupuk dasar dari jenis pupuk organik, bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Tebarkan pupuk tersebut di atas bedengan dengan dosis 10 ton per hektar, diamkan selama 1 minggu.

Cara penanaman pada budi daya kangkung darat dapat benihnya ditebarkan langsung. Cara ini cukup efektif dan cocok dilakukan di wilayah yang lingkungannya kekurangan tenaga kerja atau yang ongkos tenaga kerjanya mahal. Kelemahan cara ini adalah boros pada penggunaan benih, karena bisa menghabiskan 5-10 kg benih per hektar.

Kangkung siap panen

Pemeliharaan selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penyiraman yang rutin, setiap pagi dan sore hari dan selanjutnya adalah penyiangan untuk mencegah tumbuhnya gulma. Sedangkan hama yang biasa menyerang antara lain belalang, ulat grayak, dan kutu daun.

Untuk mengurai resiko serangan hama dan penyakit, perlu dilakukan “rotasi tanaman”, mengatur jarak tanam dan melakukan penyiraman yang tepat. Atau bila terpaksa bisa menggunakan pestisida hayati. Contohnya daun mimbo, umbi gadung,dan sereh wangi.

Budidaya kangkung darat dari awal penyebaran benih sampai bisa dipanen memerlukan waktu 30-45 hari. Pemanenan kangkung organik sebaiknya dengan cara dicabut. Karena selera pasar kangkung organik, yaitu pasar-pasar modern, lebih memilih tanaman kangkung yang lengkap dengan akarnya. Dibersihkan sisa-sita tanah yang masih menempel dengan air kemudian diangin-anginkan. Kemudian diikat atau dikemas dengan bandrol nama usaha Anda.

Budidaya kangkung darat organik bersih dan tidak terkontaminasi zat kimia berbahaya sehingga produknya cenderung mempunyai mempunyai harga yang lebih tinggi.

Konsumen petik langsung sayuran organik
  1. Pemasaran Sayuran Organik Yang Bisa Memaksimalkan Keuntungan

Jika panen sayuran yang utama adalah untuk swakonsumsi, jika berlebih maka bisa dijual. Jadi sekaligus memiliki dua keuntungan yaitu terpenuhi kebutuhan sayuran organik dan bisa mendapat keuntungan dengan menjual sayuran tersebut. Adapun tipsnya silahkan baca tips berikut.

 

 

 

Tips Pemasaran Sayuran Organik

  • . penjualan di kebun
  • . Memetik sendiri
  • . Penjualan langsung tanpa melalui pengepul
  • . Gerai khusus di pasar ritel
  • . Membuka toko organik
  • . Penjualan ke komunitas atau koperasi.

Apabila strategi pemasarannya kita jalankan, keuntungan yang diperoleh jauh lebih besar.

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed