RESENSI BUKU LANCAR BERBICARA

Resensi Buku Lancar Berbicara Karya Olif

Judul Buku                  : Lancar Berbicara

Penulis                          : Olif

Nama Penerbit             : Komunika

Cetakan Pertama         : Desember 2018

Tebal Buku                  : 230 halaman

Judul Resensi              : LANCAR BERBICARA

Kapan, Di mana, Dan Siapa Saja

Resensi Buku

Buku ini terdiri dari 3 bab

  • Gagasan pokok bab I yaitu tentang pentingnya manusia berinteraksi dalam bentuk komunikasi.
  • Gagasan pokok bab II : segala hal tentang komunikasi dengan publik, ada sedikit pembahasan tentang komunikasi yang efektif.
  • Gagasan pokok bab III: contoh-contoh pidato berbagai tema untuk referensi para pembaca yang akan latihan berbicara di depan umum.

Ringkasan buku

Manusia adalah makhluk social, maka terjadilah interaksi dengan orang-orang di lingkungan sekitar. Manusia bisa berkembang sebagai manusia seutuhnya maka manusia harus bergaul dengan yang lainnya. Dalam bergaul diperlukan komunikasi untuk membentuk saling pengertian sehingga menumbuhkan tali persahabatan, menyampaikan informasi, mengungkapkan perasaan kasih saying, dan untuk melestarikan peradaban manusia.

Dalam berkomunikasi dengan orang banyak (publik), bukanlah hal yang mudah, tetapi juga bukanlah hal yang sulit. Perlu persiapan terlebih dahulu, kalau sesorang mau melakukan komunikasi dengan publik. Penguasaan tenik berbicara di depan umum, teknik dasar dalam public speaking dan metode-metode dalam berpidato.

Ada beberapa contoh naskah pidato dengan berbagai tema, contoh naskah pidato yang ada di buku ini dapat sebagai referensi untuk menyusun isi pidato saat pembaca berlatih berbicara di depan publik.

Kelebihan dan Kekurangan Buku ini

Kelebihan buku ini adalah aplikatif, menjadi panduan yang praktis bagi siapapun yang ingin dapat lancar berbicara dan ada tips-tips praktis yang mendorong pembaca untuk segera melakukan berbicara di depan publik.

Kekurangan dari buku ini, babnya terlalu sedikit. Seharusnya tentang komunikasi efektif dijadikan bab tersendiri, sehingga ada pembahasan yang lebih mendalam karena pentingnya komunikasi efektif.

Kesimpulan

Buku ini adalah sebagai panduan dasar bagi pembaca sebelum pembaca benar-benar berbicara di hadapan publik, sebagai modal untuk menjadi pembicara ulung.

Facebook Comments
__Posted on
July 1, 2020
__Categories
RESENSI BUKU
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *