by

PRODUK PANGAN ORGANIK, MENJADI TREND GAYA HIDUP MANUSIA MODERN

Bahan pangan organik adalah bahan pangan yang diproduksi dengan menggunakan metode pertanian organik, yang membatasi pemakaian pestisida sintetik dan pupuk kimia.

Penggunaan pestisida diizinkan selama bukan merupakan pestisida sintetik. Untuk bisa disebut sebagai bahan pangan organik, sebuah produk harus ditanam dan diproses dengan cara yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh badan atau lembaga suatu negara.

Tomat Organik

Mengapa Produk Pangan Organik Banyak Diburu Sekarang?

Masyarakat mulai banyak yang menyadari betapa pentingnya kesehatan, sehingga sedikit banyak mulai berfikir tentang makanan organik. Makanan organik adalah makanan yang dikembangkan/ diproduksi secara alami, tanpa obat-obatan, tanpa rekayasa genetika, tanpa hormon pertumbuhan, tanpa antibiotik, tanpa vaksinasi, dll.

Pada intinya, makanan organik adalah makanan yang diproduksi secara alami, kembali lagi pada apa yang telah dilakukan nenek moyang kita ratusan tahun lalu. Namun makanan yang diproduksi dengan cara ini tidaklah mudah, sehingga hasil produksinya terbatas dan harganya tentu jauh lebih mahal.

Perbedaan Utama antara makanan organik dan non organik :

1. Pupuk kimia digunakan pada kebanyakan makanan produksi konvensional untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, sedangkan tanaman organik hanya menggunakan pupuk alami seperti pupuk kandang atau kompos.

2.Tanaman pangan pada umumnya disemprot dengan insektisida sintetis, tetapi makanan organik menggunakan metode alami untuk mengatasi masalah hama dan serangga.

3. Produk konvensional menggunakan herbisida untuk mengatasi masalah gulma, sementara organik menggunakan tanaman lain, mengolah tanah, penyiangan, merotasi tanaman, dll untuk mematikan atau mengendalikan gulma.

4. Ternak pada umumnya menggunakan antibiotik, hormon pertumbuhan, dan obat-obatan untuk mencegah penyakit dan memacu pertumbuhan hewan ternak. Sementara ternak organik hanya menerima pakan organik dan hanya menggunakan langkah-langkah pencegahan untuk membantu meminimalkan penyakit.

Pangan Organik

Pangan organik mungkin lebih sehat dan terjamin keamanannya karena minim bersentuhan dengan zat kimia. Namun, untuk masalah gizi yang terkandung di dalamnya adalah lebih baik belum ada buktinya. Pangan organik masih dianggap sebagai gaya hidup saja.

Berkibarnya isu pangan organik yang menyehatkan dan lebih aman dikonsumsi, berimbas pada peningkatan produksi dan konsumsinya di beberapa negara.

Seiring dengan pola pikir masyarakat yang mulai fokus terhadap masalah kesehatan, pangan organik pun menjadi salah satu produk yang diburu oleh beberapa kalangan masyarakat.

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed