Perjalanan Religiku

Perjalananku kali ini bertujuan untuk mengunjungi suatu maqom yang dikenal sebagai Pesarean Kedhung Lumbu.

Kedhung Lumbu adalah suatu tempat pesarean  yang terletak di desa Kebanaran kecamatan Mandiraja, terletak di tepi Kali Sapi.  Sebelum masuk ke pesaraen itu terdapat gapura yang bertuliskan

“MAKAM KI AGENG PENJAWI KEDHUNGLUMBU DESA KEBANARAN”.

Hal ini sangat menarik perhatianku, di samping mengemukakan unsur kebenaran fakta, terdapat pula cerita dari mulut ke mulut yang tidak dapat dijamin kebenarannya karena sumber acuan yang selalu beragam dan berganti-ganti. akan tetapi masa lampau, kini dan esok adalah pertautan waktu yang saling mengisi, melengkapi , membentuk suatu kejadian.yang tak mungkin bisa lepas.

Sumber yang beragam  menghasilkan bumbu-bumbu cerita ini menjadi lebih berwarna dan menguatkan heroik dan magis peristiwa di masa lampau.

Dari cerita heroik perjuangan rakyat Banjarnegara ini, penulis mengambil salah satu tempat kejadian peristiwa heroisme itu dengan tujuan para generasi muda atau siapapun yang membaca cerita ini akan tumbuh rasa nasionalismenya, cinta tanah air, menghargai para pejuang bangsa dan diharapkan bisa menjadi teladan dan semangat generasi muda sekarang dalam perjuangan mengisi kemerdekaan ini.

Di sekitar maqom  tersebut  pada masa perang Agresi Belanda yang ke dua tahun 1949 terjadi peristiwa heroik para pejuang bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan.

Kekaguman penulis akan kearifan lokal dan semangat perjuangan masyarakat Banjarnegara ini yang menginspirasi saya untuk mengetahui lebih dalam, sebenarnya apa yang terjadi?

Sehingga bisa menginspirasi generasi sekarang untuk bisa menghargai perjuangan para pendahulu-pendahulunya dan kearifan lokal yang terdapat di maqom Kedhung Lumbu dan wilayah sekitarnya.

Perjalananku belum selesai, dalam rangka menggali kearifan lokal di wilayah sekitar ini.

Facebook Comments
__Posted on
January 21, 2019
__Categories
kearifan lokal
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *