by

PENCITRAAN ITU PENTING

Setiap mendengar kata ‘pencitraan” maka orang teringat dengan pilkada, pilpres, pileg yang mempromosikan dirinya supaya dipilih rakyat. Pencitraan selama ini dianggap sesuatu yang negatif. Pencitraan adalah gambaran diri yang ingin diciptakan oleh seseorang tokoh masyarakat.

Pencitraan berasal dari kata citra, pengertian citra sebagai kesan seseorang atau individu tentang sesuatu yang muncul sebagai hasil pengetahuan dan pengalamannya.

Mengubah Mindset Tentang Pencitraan

Proses pencitraan atau yang dikenal dengan personal branding ini seperti membangun bisnis. Dalam istilah bisnis dikenal dengan istilah 4P dalam ilmu pemasaran, yaitu Produck, Price, Place dan Promotion. Produk itu selalu duluan dan promosi itu terakhir.

Sebagai produknya adalah sesorang atau individu itu. Untuk bisa menjadi produk yang bagus ada beberapa proses yang dilakukan sehingga seseorang itu menampakkan kualitas diri yang bisa dilihat oleh orang lain.

Ada suatu proses dibalik upaya membentuk personal branding, yaitu upaya yang dilakukan oleh sesorang untuk melakukan hal-hal yang baik, dalam waktu yang lama dan terus menerus. Skills/knowledge yang selalu diperbaiki, attitude yang baik yang menentukan nilai diri serta ciri khas yang dimiliki seseorang.

Citra Diri

Hal-hal itulah yang membentuk personal branding. Kalau produknya bagus baru dipromosikan, yang terkenal dengan istilah pencitraan. Pencitraan ini adalah bentuk promosi agar seseorang ini bisa “dijual”, contohnya dicalonkan menjadi anggota legislatif, kepala daerah bahkan menjadi seorang presiden.

Bikin Citra Diri Yang Bagus, Tidak Sekedar Populer

Sama seperti perusahaan yang membutuhkan branding, diri Andapun demikian. Jadi bayangkan diri Anda adalah sebuah brand. Jika Anda sudah mengetahuinya bagus, selanjutnya tinggal menuju strategi untuk menyampaikannya pada orang lain.

Citra diri baik, yang Anda bangun akan bertahan selamanya jika konsisten dilakukan dan menjadikannya sebuah kebiasaan. Anda harus bisa konsisten dengan prinsip, tujuan, dan menikmati proses agar personal brand Anda kuat. Inilah yang membedakan dengan istilah pencitraan diri yang bermakna negatif.

Pencitraan akan bermakna positif, jika personal brandnya memang bagus, dan selalu berupaya meningkatkan skills/knowledge, memperbaiki attitude dan kualitas diri bukan sekedar bungkus pencitraan semata, untuk bisa populer. Bangun personal brand Anda dulu. Pencitraan itu penting untuk menunjukkan personal brand diri Anda

Daftar Pustaka:

The Magic Ladder to Success karya Napoleon Hill

Komunikasi Efektif dari berbagai sumber

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed