by

Pasar Lodra Jaya

Salah satu pusat kegiatan  ekonomi yaitu pasar. Begitu memasuki tempat ini, maka aktivitas yang terjadi adalah jual beli.

Back to nature

Aku beli sepincuk “gesrel + grontol”, dengan harga 1 kethip. Semua istilah ini terdengar asing di jaman sekarang. Kemudian aku nikmati makanan tradisional ini bersama anakku di lincak yang terbuat dari bambu. Aku pesan sebumbung kopi rempah seharga 2 kethip.

grontol, gesrel, thiwul. krekel

Kopi rempah yang disajikan dengan bumbung, heemmm sungguh nikmat, apalagi dinikmati bersama gesrel dan grontol. Anakku begitu menikmati sajian ini, sambil tanya berbagai hal yang berkaitan dengan keberadaan pasar ini ke penjualnya.

Pasar Lodra Jaya ini terletak di desa Winong kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Pasar ini hanya buka setiap hari Minggu dari jam 07.00 s.d 12.00. Tetapi kenyataannya sebelum jam 12.00 dagangan sudah habis, ini informasi dari para penjual.

Yang unik dari pasar ini yaitu hanya menjual makanan tradisional lokal dari daerah sekitar pasar itu khususnya, dan Banjarnegara pada umumnya. Cara mengolahnya, penyajiannya, cara pembayarannya, semua “back to nature”. Cara memasaknya memakai tungku dengan bahan bakar kayu, untuk tempat penyajiannya memakai daun pisang, bathok kelapa, bumbung. Para pembeli tidak boleh membawa wadhah dari plastik.

Uang “kethip”

Alat pembayarannya dengan uang “kethip”. Uang ini terbuat kayu yang memiliki bentuk lempengan bulat yang disebut “kethip” dengan nilai 1 kethip sama dengan Rp 2.500,-. Kalau pengunjung mau membeli makanan atau minuman di pasar ini maka harus menukarkan uangnya dengan uang kethip ini. Setelah masuk ke pasar di situ sudah ada tempat penukaran uang.

Kalau anda pingin mengajak keluarga terutama anak-anak untuk mengenalkan dan menikmati makanan dan minuman tradisional dengan gaya “back to nature” , silahkan mampir ke pasar Lodra Jaya pada hari Minggu. Pastikan berangkat lebih gasik.

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed