Pangan Organik antara Gaya Hidup dan Potensi Bisnisnya

Orang zaman sekarang memiliki trend gaya hidup kembali ke alam, atau yang disebut dengan istilah “back to nature”. Back to nature identik dengan kembali ke pangan organik.

Back to nature mulai menggema di Indonesia juga merambah ke bidang pengobatan dan kosmetik. Negara kita  yang sangat kaya akan bahan pangan dan obat alami.

Tingginya harga pangan organik dibandingkan dengan pangan non organik menjadi potensi bisnis yang menggiurkan seiring dengan makin meningkatnya konsumen yang membutuhkan pangan organik.

Gaya Hidup Sehat

 

Makanan Organik, Salah Satu Solusi Untuk Hidup Sehat

Salah satu diet yang yang populer belakangan ini adalah mengonsumsi makanan organik, yang proses pembuatannya tanpa menggunakan bahan kimia buatan. Bahkan selebri-selebriti dunia sekelas penyanyi solo John Meyer, aktris Julia Robert dan Gwineth Daltrow hingga super model Gisele Bundchen pun mengikuti trend  healthy food ini.

Pangan Organik

Sebaiknya jangan sekedar mengikuti tren, karena mengonsumsi makanan organik mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat mengonsumsi makanan organik  yaitu:

  1. Terhindar dari bahaya pestisida

Bahan pangan organik terhindar dari pestisida dan pupuk sintetis yang mengandung logam beracun cadmium pada hati dan ginjal.

  1. Lebih banyak mengandung kolesterol baik

Menurut sebuah study British Journal of Nutrition, daging dan susu organik memiliki asam lemak omega 3 (lemak baik) 50% lebih banyak.

  1. Bebas antibiotik

Hewan ternak organik dari ternak ramah lingkungan yang tidak menggunakan antibiotik, hormon, bahan kimia sintetis, tanpa modifikasi genetik memiliki manfaat potensial bagi kesehatan manusia. Sedangkan hewan ternak non organik biasanya mendapat hormon sintetis agar ternaknya cepat membesar dan memproduksi banyak susu. Hormon sintetis itu disebut memiliki kaitan dengan resiko kanker pada manusia.

  1. Lebih kaya antioksidan

Study yang dipublikasikan British Journal of Nutrition menyebutkan sekitar 17 % kandungan antioksidan lebih banyak trdapat di sayuran dan buah yang ditanam secara organik dibandingkan dengan cara konvensional. Jika antioksidan di dalam tubuh lebih banyak, resiko kanker dan penyakit lain pasti akan lebih mudah dicegah

.

Peluang Usaha Pangan Organik Semakin Menggiurkan Seiring Dengan Makin Tingginya Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Menjaga Kesehatan

Bisnis hasil pertanian organik menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan, karena semakin banyak orang yang bergaya hidup kembali ke alam (back to nature). Konsumen pangan organik memang tidaklah sulit, konsumen pertanian organik cukup banyak, mulai dari ibu rumah tangga, rumah makan, restoran dan swalayan. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat.

Usaha Pertanian Organik

Keuntungan yang diperoleh bila memilih terjun ke dalam bisnis ini ke depannya sangat menjanjikan karena masyarakat semakin banyak yang beralih ke gaya hidup sehat dengan mengonsumsi bahan pangan organik. Harga jual produk pangan organik rata-rata lebih tinggi daripada produk non organik, yang berarti memiliki potensi nilai ekonomi lebih tinggi.

Facebook Comments
__Posted on
April 13, 2019
__Categories
Urban Farming
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *