NASI BAKAR ISI TUMIS JAMUR, VARIASI SARAPAN PAGI YANG GURIH

Nasi bakar adalah salah satu menu eksotis Indonesia, merupakan produk proses lanjutan dari nasi yang diberi bumbu rempah-rempah, kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar.

Ada beberapa jenis nasi bakar. Ada nasi bakar ala Padang, Sunda, Jawa, nasi bakar pindang dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu maka muncul beberapa variasi isi dari nasi bakar ini sesuai dengan kesukaan masing-masing orang yang membuatnya.

Nasi bakar yang satu ini paling praktis cara membuatnya, karena memakai bahan-bahan yang biasanya sudah ada di dapur dan lingkungan sekitar. Salah satu keunikannya adalah menggunakan nasi lebihan masak kemarin, jadi nasinya sudah matang dan dalam keadaan dingin.

Nasi Bakar

Manfaatkan Nasi Lebihan Masak Kemarin, Menjadi Nasi Bakar Yang Gurih

Sering kita jumpai waktu masak nasi, nasinya berlebih waktu sore harinya. Kalau hal ini sering terjadi kan sayang, nasi jadi mubadzir. Maka saya membuat resep nasi sebagai solusi dari masalah ini.

 

Resep Membuat Nasi Bakar Isi Tumis Jamur

Bahan : Nasi

1 piring nasi yang sudah dingin (nasi lebihan masak kemarin)

2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 3 lembar daun salam

200 ml santan kental

 

Bahan : Tumis jamur

200 gr jamur kuping, dicuci dan diperas lalu disuwir-suwir.

3 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 5 buah cabe rawit, 3 buah cabe merah

Daun kemangi, secukupnya (menurut selera)

Daun pisang (sebagai bungkus)

Minyak goreng 3 sendok makan untuk menumis

Garam, gula, lada secukupnya.

 

Langkah-langkah cara membuat:

  1. Haluskan semua bumbu kecuali daun salam dan cabe. Pisahkan bumbu untuk nasi dengan bumbu untuk menumis jamur.
  2. Tumis bumbu yang untuk nasi hingga harum. Tambahkan santan, garam, gula hingga mendidih beberapa saat. Lalu masukkan nasi dan aduk rata, dan matikan api.
  3. Tumis bumbu yang untuk memasak jamur hingga tercium aroma wangi, lalu masukkan jamur yang sudah disuwir-suwir. Tambahkan garam, gula dan mrica, aduk rata sampai matang lalu angkat.
  4. Setelah semua bahan matang dan dingin, ambil selembar daun pisang lalu di atasnya ditata nasi,lalu tumis jamur dan kemangi. Gulung dan bentuk seperti lontong ujungnya disemat dengan biting (bisa pakai tusuk gigi). Lakukan sampai adonan habis, lalu dibakar.

Selama pembakaran dibolak-balik supaya matangnya merata. Angkat nasi dari pembakaran dan bisa langsung dinikmati. Satu resep ini bisa membuat 5 buah nasi bakar.

Nasi Bakar Isi Tumis Jamur

Nasi bakar ini sebagai salah satu variasi menu makan pagi yang mudah dibuat, dan bisa memanfaatkan nasi lebihan masak sehingga tidak mubazir.

Bisa juga menjadi referensi menu sarapan untuk usaha warung makan anda. Dengan rasanya yang gurih dan bisa divariasi isinya sesuai selera konsumen.

Facebook Comments
__Posted on
February 10, 2019
__Categories
wisata kuliner
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *