MUDAHNYA BERCOCOK TANAM, KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA

Bisa bercocok tanam di rumah tentu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Rumah menjadi asri, kita bisa menghirup udara segar setiap saat dan yang tidak kalah penting kita bisa menikmati sayuran dan buah hasil menanam sendiri. Hal ini membuat hati puas dan memperoleh tanaman organik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sayangnya keterbatasan lahan menjadi hambatan orang untuk bercocok tanam.

Menanam di Atap Rumah

Niatkan Menanam Sebagai Investasi Dunia Akherat

Kegiatan menanam adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang bisa bernilai ibadah. Dengan menanam maka akan bertambah jumlah tumbuhan hijau. Dimana tumbuhan hijau ini melakukan fotosintesis. Proses fotosintesis memerlukan bahan yang berupa karbondioksida(CO2), air dan bantuan sinar matahari. Sedangkan hasil proses fotosintesis adalah zat makanan(C6H12O6), Oksigen dan uap air(H2O).

Tanaman Hias Daun

Kalau kita perhatikan pada proses fotosintesis membutuhkan karbondiaoksida (zat sisa metabolisme tubuh) dan menghasilkan zat makanan dan gas Oksigen. Hasil fotosintesis sangat dibutuhkan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Walau tanaman belum bisa berbuah, tetapi sudah menghasilkan Oksigen yang sangat dibutuhkan manusia untuk bernapas.

Kalau seseorang mau menanam berarti dia sudah membangun pabrik Oksigen untuk dirinya sendiri, dan kalau ada makhluk hidup lain yang menikmati hasil fotosintesis dari pohon yang ditanam tadi, berarti bisa bernilai sodaqoh. Jadi menanam pohon adalah ibadah.

Kapan dan dimana mau menanam? Untuk menanam, zaman sekarang ini tidak perlu lahan yang luas, mengenai waktunya kapan saja tidak tergantung musim. Ini semua bisa dilakukan dengan teknik-teknik menanam ala urban farming. Mulai menanam sayuran di polibag dari barang bekas, sampai dengan tanaman buah dalam pot.

Barang Bekas Untuk Media Tanam

Tanaman buah dalam pot, bisa menanam tanaman buah musiman seperti mangga, klengkeng, jambu kristal yang merupakan tanaman perkebunan sampai dengan tanaman buah yang merambat misalnya markisa dan anggur.

Tanaman Mangga

Bisa juga menanam tanaman hias yang menghasilkan bunga, maupun tanaman hias daun misalnya aglonema, daun mint, pakis haji, puring dan lain sebagainya.

Menanamlah, maka kita berkontribusi untuk membuat pabrik kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan akan oksigen untuk bernapas dan kalau tanaman menghasilkan buah dan sayur berarti berkontribusi juga sebagai penyedia bahan pangan.

 

Facebook Comments
__Posted on
March 2, 2019
__Categories
Urban Farming
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *