by

MENULISLAH UNTUK KEBEBASANMU

Menulislah apa yang ingin Anda tulis. Tuangkan semua rasa yang ada di hati, dalam bentuk tulisan. Tidak usah takut dan ragu, tulis tulis dan tulis semuanya. Rasakan sensasinya. Anda ingin merasakan sensasinya? Mulailah untuk menulis!

Terkadang ada ketakutan saat mau menuli. Bagaimana cara menghilangkan ketakutan itu? Ya…menulislah, maka ketakutan itu akan menghilang. Lakukanlah tahapan menulis menurut pendapat seorang penulis novel dan seorang blogger dari Wonosobo yaitu El Salman Ayashi.

4 Pilar Utama Program Sudi Menulis

Ada 4 Pilar Utama dalam Program Studi Menulis menurut El Salman Ayashi.

1. Relaxing

Relaxing writing adalah menulis untuk relakssi, bentuknya adalah menulis ekspresif yaitu kegiatan menuliskan semua pemikiran dan perasaan paling mendalam yang muncul setelah mengalami stres atau perasaan paling dominan dengan menuliskan dengan kata-kata yang paling tidak enak yang sedang dirasa.

Hal yang paling membedakan antara menulis ekspresif dengan menulis lainnya yaitu tidak adanya aturan untuk memperhatikan ejaan, tat bahasa, atau tanda baca. Relaxing writing adalah langkah awal untuk melakukan writing for terapy.

Saat teman-teman guru di SMPN 1 Purwareja Klampok Banjarnegara, saya ajak untuk mengikuti whorkshop writing for terapy, awalnya ragu-ragu. Teman-teman guru kalau mendengar kata-kata pelatihan menulis yang terbayang adalah menulis untuk kenaikan pangkat. Maka yang terjadi teman-teman guru ini terbebani dan stres.

Maka saya mencari cara bagaimana pelatihan menulis yang menyenangkan. Maka saya mencari mentor untuk whorkshop writing for terapi ini yaitu seorang penulis novel dan juga blogger dari Wonosobo El Salman Ayashi.Pelatihannya saya kemas berupa whorkshop dan sharing:” Terapi Menulis Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani Ala Penulis Novel.”Suasana pelatihannya santai, menyenangkan, tidak terasa kalau sedang pelatihan menulis.

Workshop Writing For Terapy

2. Playing

Playing writing adalah menulis untuk permainan. Bentuknya bisa permainan kata-kata, yang tujuannya untuk senang-senang, saling meledek antar teman. Dalam playing writing sudah memperhatikan susunan kata-katanya, rimanya. Dari permainan kata-kata yang ditulis akhirnya mengarah untuk menulis puisi.

Bermain kata dengan teman-teman guru SMPN 1 Purwareja Klampok

Playing writing ini merupakan kelanjutan dari relaxing writing. Setelah teman-teman guru whorkshop writing for terapy, teman-teman melakukan playing writing lewat WAG Guru Keren Doyan Nulis. Di gruop itulah teman-teman menulis, ada yang berbalas pantun, ada yang meledek. Akhirnya semuanya sudah bisa menulis, muncullah tulisan-tulisan berbentuk puisi. Padahal awalnya hanya tulisan permainan kata-kata untuk menghilangkan kegalauan saat harus isolasi mandiri di masa pandemi COVID-19 ini.

3. Interesting

Interesting adalah menulis untuk kebebasan, tetapi ada batasnya. Kebebasan kita ada batas dengan kebebasan orang lain. Di saat menulis atau menyampaikan pendapat harus tetap memperdulikan akibat dari tulisan itu. Judul dibuat yang menarik, memancing pembaca,tetapi dengan kata-kata yang positif. Tulisan adalah cerminan dari penulisnya. Di era kebebasan ini dan teknologi yang semakin berkembang,  teruslah menulis dan tulisan-tulisannya dipublikasikan sehingga banyak yang membaca.

4. Writing

Writing adalah menulis yang sebenarnya, berlaku kaidah-kaidah dalam menulis dan tata bahasa yang benar. Seiring dengan perkembangan teknologi dan media, kegiatan menulis juga ikut berkembang pesat. Hasil writing ini ada fiksi dan non fiksi. Orang yang sudah bisa melakukan writing ini, bisa disebut sebagai seorang penulis.

Kesimpulan

Mulailah menulis dengan cara menuliskan apa saja yang ingin Anda tuliskan. Mencurahkan apa yang sedang dirasakan dalam bentuk tulisan .Anda akan merasakan manfaatnya dan sensasi saat menulis, maka mulailah untuk menulis.

 

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed