by

MENGAPA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BISA MEMBENTUK KARAKTER? 3 ALASAN INI YANG AKAN MENJAWAB PENASARAN ANDA

Rabu, (13/05/2020) saat seminar proposal tesis saya yang mengangkat tema Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Sebagai tim penelaah yaitu Dr Imam Satibi (Rektor IAINU Kebumen) dan Dr Sulis Rakhmawanto (Direktur Pasca Sarjana IAINU Kebumen), memberi masukan dan saran bahwa pendidikan karakter di sekolah jangan terjebak dengan hanya pembiasaan melaksanakan ibadah di sekolah, tetapi ditambah dengan cara menumbuhkan karakter peserta didik dengan pendidikan kewirausahaan.

Saya baru tersadar dengan hal ini. Apa benar bahwa pendidikan kewirausahaan bisa menumbuhkan karakter para peserta didik? Kalau di dalam pikiran Anda muncul pertanyaan  ini, maka hal ini sama dengan saya.

Apakah Pendidikan Kewirausahaan Itu? Mengapa Bisa Membentuk Karakter Seseorang?

Kewirausahaan adalah sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru serta bermanfaat bai banyak orang.

Seorang wirausaha yang sukses bukan sekedar faktor keberuntungan. Mereka sukses karena di dalam dirinya memiliki karakter wirausaha yang kuat diantaranya memiliki daya kreasi tinggi, pekerja keras, dan pantang menyerah.

Pendidikan Kewirausahaan Dapat Menumbuhkan Karakter Peserta Didik

Pembentukan karakter seseorang awalnya dengan dipaksa, selanjutnya dibiasakan. Bisa karena biasa, dan akhirnya menjadi budaya. Kalau sudah menjadi budaya maka tidak terasa lagi itu suatu paksaan tetapi justru menjadi kebutuhan. Hal ini bisa dilakukan di sekolah,dijadikan program pendidikan karakter di sekolah.

Kalau di sekolah sudah ada pembiasaan melaksanakan ibadah di sekolah dengan tujuan para warga sekolah terbiasa melaksanakan ibadah dimanapun berada yang akhirnya menjadi budaya, begitu juga karakter wirausaha ini. Karakter- karakter wirausaha sukses pada awalnya dipaksakan, kemudian dibiasakan dan menjadi budaya

Karakter-Karakter Yang Bisa Ditumbuhkan Melalui Pendidikan Kewirausahaan Di Sekolah

Seorang wirausaha harus mempunyai ide sendiri, inovatif, memiliki gagasan baru untuk menjalankan usahanya dan pemikiran yang maju (memiliki visi dan misi) tanpa meniru.

Perlu kita pahami bahwa sebuah usaha dapat berjalan karena orang tersebut memiliki karakteristik dan jiwa wirausaha yang kental di dalam dirinya. Karakter wirausaha sukses inilah yang harus ditumbuhkan melalui pendidikan kewirausahaan di sekolah.

Karakteristik wirausaha sukses yang bisa ditumbuhkan melalui pendidikan kewirausahaan di sekolah yaitu jujur, berani ambil resiko, disiplin, kreatif dan inovatif, memiliki jiwa kepemimpinan.

Pendidikan karakter di sekolah, dapat dimulai  secara pemaksaan dengan membuat program, kemudian dijadikan pembiasaan dan akhirnya menjadi budaya di sekolah itu.

Daftar Referensi: 

  1. Jurnal UNY: Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan di Sekolah; https://jurnal.uny.ac.id
  2. Berbagai sumber

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed