Menanam Secara Organik Di Lingkungan Rumah Sebagai Solusi Mengurangi Residu Kimia Yang Mengancam Kesehatan

Residu identik dengan zat sisa yang berbahaya. Lalu apa hubungannya dengan mengurangi residu kimia yang mengancam kesehatan ini dengan kegiatan menanam ? Terutama menanam buah dan sayuran.

Apa yang terbayang dalam benak Anda tentang sayuran dan buah yang Anda konsumsi sehari-hari. Berasal dari mana biasanya sayur dan buah itu. Sayuran dan buah yang Anda beli di pasar atau warung biasanya dibeli dari petani yang berada jauh di desa atau di sentra produk pertanian.

Petani di desa jauh di sana yang menghasilkan sayuran dan buah dengan cara penanaman secara konvensional. Menggunakan pupuk alami dan buatan, menggunakan pestisida untuk pengendalian dan pemberantasan hama dan penyakit tanaman.

Para petani konvensional terutama petani holtikultura, kebanyakan berani berspekulasi tentang produk yang dihasilkan. yang penting panen, dan belimpah. Mereka tidak mempertimbangkan dari segi keamanan konsumen. Mereka berprinsip, mereka menanam khan untuk orang lain, bukan untuk dikonsumsi keluarganya. Sehingga mereka tidak berpikir, kalau pakai produk mereka tanam secara organik apa tidak?, aman apa tidak.

Justru pandangan seperti mereka itu menyebabkan mereka menjadi lahan yang empuk bagi penjual produk pupuk dan pestisida. Dengan promosi yang gencar, serta iming-iming hadiah. Akhirnya petani terjerat di situ. Biaya penanaman semakin besar, sementara harga jual produk semakin tinggi. Jadi selama ini para petani konvensional tidak memiliki banyak keuntungan.

Menanam Sayuran Di Halaman Rumah

Sayur dan buah yang berasal dari desa yang letaknya jauh di sana, yang jauh dari perkotaan, dimana hasil pertanian ini diangkut untuk didistribusikan menggunakan kendaraan menuju ke pasar, lalu dibeli oleh pedagang sayuran dan buah dan akhirnya Anda mengolah dan mengonsumsinya. Cukup panjang ternyata perjalanan sayuran dan buah ini.

menaman buah di garasi rumah

Dalam perjalanan distribusi produk ini makin menambah residu bahan kimia akibat dari polusi asap kendaraan waktu perjalanan selama distribusi. Oleh karena itu untuk mengurangi residu bahan kimia yang ada di buah dan sayur dengan cara kita menanam sendiri sayur dan buah dengan cara kita menanam sendiri sayur dan buah di sekitar rumah. Kita bisa menanam tanaman secara organik dan mengurangi terkontaminasinya bahan pangan tadi dari paparan pencemaran udara akibat perjalanan selama distribusi.

 

Facebook Comments
__Posted on
April 11, 2019
__Categories
Urban Farming
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *