by

Menanam Dengan Sistem Aquaponik Lebih Menguntungkan

Memiliki halaman rumah yang sempit bukan berarti kita tidak bisa bercocok tanam dan beternak ikan. Dengan menerapkan sistem akuaponik, dua kegiatan ini bisa dilakukan. Kita pun bisa panen sayuran dan ikan dalam waktu hampir bersamaan.

Akuaponik merupakan perpaduan antara akuakultur (budi daya tanaman tanpa tanah, tetapi memanfaatkan air bernutrisi). Air dari kolam ikan yang menjadi sumber hara bagi tanaman akan bersirkulasi melalui perakaran tanaman dan masuk kembali ke dalam kolam ikan.

Aquaponik

Bisa Panen Sayuran dan Ikan Dari Satu Wadah Dalam Waktu Bersamaan

Bagi Anda para pecinta tanaman dan yang gemar membudidayakan tanaman serta memelihara ikan, sistem aquaponik adalah alternatif yang tepat untuk menyalurkan kecintaan dan hoby Anda terhadap tanaman dan ikan. Sekaligus semakin melengkapi kebutuhan gizi untuk keluarga.

Tanaman yang yang dapat ditanam pada sistem aquaponik antara lain kangkung, selada,cabai, bayam, sawi dan berbagai jenis tanaman sayuran lainnya. Pada sistem aquaponik serupa seperti hidroponik. Anda dapat menggunakan sistem vertikultur model talang, model pot, dan juga parit. Kelebihan dari aquaponik  adalah Anda juga dapat membudidayakan berbagai jenis ikan dalam suatu sistem tersebut.

Sistem Aquaponik dan Lele dumbo

Hampir semua jenis ikan dapat hidup pada sistem aquaponik, karena sesungguhnya pada sistem aquaponik ini tidak menggunakan nutrisi buatan, sehingga tanaman yang tumbuh dapat dikategorikan sebagai tanaman organik. Ikan yang biasa dipelihara dalam aquaponik adalah ikan mas, lele, nila dan gurameh.

 

Bahan-bahan Yang Harus Dipersiapkan Untuk Sistem Aquaponik

  1. Bak kolam ikan

Wadah untuk memelihara ikan bisa berupa kolam terpal, drum plastik, kolam fiberglass, atau tandon air yang dipotong bagian atasnya. Pastikan wadah yang akan dipakai sebagai kolam ini tidak bocor serta tidak mengandung zat berbahaya bagi tanaman dan ikan. Pilih wadah yang biaya pembuatannya murah dan bahan bakunya mudah diperoleh.

  1. Wadah Tanaman

Wadah tanam dalam aquaponik berupa rak tanaman dan media tanam. Rak tanaman bisa menggunakan pipa PVC atau talang air yang bisa disusun secara horizontal atau vertikal. Jika rak tanaman menggunakan pipa PVC, dibutuhkan wadah lagi untuk wadah tanamnya. Bisa berupa gelas bekas air mineral yang dilubangi bagian bawahnya.

  1. Pipa Sirkulasi Air dan Pompa Air

Untuk mengalirkan air dari kolam ke rak-rak tanaman yang diperlukan pipa sirkulasi dan pompa air. Pipa bisa menggunakan PVC yang ukurannya lebih kecil daripada pipa PVC untuk wadah tanam. Pompa air berfungsi untuk menyedot air dari kolam agar naik dan mengalir ke rak-rak tanaman.

  1. Media Tanam

Media tanam untuk aquaponik berbeda dengan media tanam pada umumnya. Media tanam yang digunakan bisa berupa batu zeolit, arang batok kelapa, pasir merah (batu bata yang dihancurkan), kain kasa, tisu. Bisa juga menggunakan komposisi media tanam yang berupa zeolit dan kompos.

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed