by

Markisa Sumber Vitamin C, Yang Bisa Dipanen Dari Halaman Rumah

 

Buah Markisa merupakan buah sumber vitamin C yang sangat baik dan memiliki rasa yang unik. Vitamin C merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh.

1. Markisa Sumber Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh dan Kesehatan Kulit   

Manfaat vitamin C terutama untuk daya tahan tubuh dan menguatkan pembuluh darah. Vitamin C juga bermanfaat untuk kesehatan kulit (kekenyalan kulit).

Buah Markisa

Karena besarnya manfaat vitamin C ini maka pastikan asupan vitamin C ke tubuh kita tercukupi, tetapi juga tidak perlu berlebihan. Kebutuhan vitamin C per hari antara 500 s.d 1000 mg, tergantung tingkat stres dan polusi yang terjadi.

 

 

Buah Markisa Siap Konsumsi

2. Vitamin C Sifatnya Yang Manja dan Banyak Manfaat

Vitamin C ini salah satu vitamin yang sifatnya manja, dia mudah rusak karena panas. Buah yang dipetik dalam waktu 24 jam, kandungan vitamin C nya berkurang sampai 60 persen. Jadi anda bisa menghitung tinggal berapa persen vitamin C yang ada di buah yang kita beli dari pasar atau toko buah. Buah yang dijual di pasar atau toko buah itu sudah berapa hari dipetik, maka tinggal berapa persen vitamin C nya? Kalau dikonsumsi berlebihan akan dikeluarkan dari tubuh lewat urine, tetapi kalau kekurangan maka daya tahan tubuh akan menurun.

Solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C yaitu dengan menkonsumsi buah segar, yang bisa petik langsung konsumsi, sehingga vitamin C nya masih utuh. Hal ini hanya mungkin  bisa dipenuhi dengan cara menanam sendiri buah-buahan tersebut.

3. Menanam Markisa di Pagar Halaman, Kebutuhan Vitamin C Tercukupi Halaman Jadi Asri

Tanaman markisa sangat mudah ditanam dan tidak perlu perawatan khusus. Tempat penanamannya bisa di sembarang tempat, yang penting cukup air dan sinar matahari. Enam bulan setelah penanaman sudah bisa berproduksi, dan buahnya lumayan banyak. Setelah buahnya berwarna kuning berarti sudah tua dan bisa langsung dikonsumsi. Dengan perlakuan seperti ini maka kandungan vitamin C masih utuh.

Tanaman Markisa Merambat di Pagar Halaman

Cara memperbanyak tanaman juga mudah, bisa dengan bijinya atau dengan tunas adventif yang ada di akarnya. Dengan menanam tunas adventif lebih cepat berproduksi daripada dengan menanam bijinya. Karakter tanaman ini merambat, maka cocok ditanam dekat dengan pagar halaman. Jadi sekaligus pagar ini untuk merambat. Halaman kelihatan asri sekaligus bisa Berproduksi.

 

 

 

 

 

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed