by

LULUR TEMUGIRING, MENJADIKAN KULIT SEHAT DAN GLOWING

Temugiring atau temugajah adalah jenis tanaman empon-empon yang digunakan sebagai bahanobat-obatan trdisional atau biasa dikenal dengan jamu. Temugiring ini berkasiat sebagai obat cacing karena temugiring ini mengandung zat piperazin sitrat yang diketahui dapat menagkal serangan cacing gelang yang bersifat parasit di saluran pencernaan.

Rimpang temugiring memiliki aroma yang lebih kuat dan rasanya lebih getir dibanding epon-empon yang lain, sehingga kurang cocok dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Temugiring lebih populer dibuat lulur untuk perawatan kecantikan kulit para wanita.

Kandungan Dan Manfaat Zat Pada Temugiring

Beberapa kandungan zat yang terdapat pada rimpang temugiring antara lain piperazin sitrat, tanin, lemak, atsiri dan amilum. Karena kandungan zat ini maka rimpang temugiring  memiliki hasiat untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan.

Rimpang temugiring

Adapun manfaatnya sebagai berikut:

  1. Mengobati cacingan

Temugiring mengandung mengandung piperazin sitrat yang sangat efektif melawan cacing gelang. Caranya cuci rimpang hingga bersih, lalu tumbuk dan diperas ambil airnya dan rebus sampai mendidih. Minum secara rutin hingga sembuh.

  1. Mengobati kudis dan kulit gatal

Temugiring dapat digunakan sebagai obat luar, yaitu untuk mengobati sakit kudis. Caranya: parut rimpang temugiring lalu campur dengan santan dan tawas secukupnya. Aduk semua bahan sampai tercampur merata lalu oleskan pada kulit yang bermasalah. Lakukan pengobatan setiap hari hingga gejala hilang.

  1. Mengobati luka yang terkelupas

Untuk mempercepat pemulihan jaringan kulit yang mengelupas, cukup dengan membalurkan parutan temugiring pada luka.

Sebenarnya masih banyak manfaat dari temugiring ini seperti manfaat empon-empon yang lain. Karena rasanya yang pahit, maka temugiring ini banyak dimanfaatkan sebagai obat luar.

Lulur Temugiring Untuk Perawatan Kecantikan Wanita

Temugiring lebih banyak dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan tradisional karena memiliki aroma yang lebih kuat dan rasa yang lebih getir sehingga tidak cocok untuk bumbu dapur. Temugiring lebih populer dimanfaatkan sebagai lulur untuk perawatan kecantikan wanita.

Bahan-bahan pembuatan lulur

Manfaat lulur temugiring:

  1. Sebagai aroma terapi

Minyak atsiri alami yang terkandung di dalam temugiring bisa memberikan aroma khas yang menenangkan dan membuat rileks sehingga tubuh dan pikiran ikut santai. Tidk hanya itu, kulit Anda akan tercium lebih harum setelah luluran.

  1. Mengatasi otot kaku

Pada waktu proses luluran akan disertai dengan gerakan pemijatan  seluruh tubuh sehingga dapat memberi efek relaksasi yang mengurangi kekakuan otot dan menenangkan tubuh yang stres. Membantu menghilangkan pegal dan melancarkan peredaran darah sehingga tubuh menjadi segar.

  1. Menghilangkan kulit kusam

Kulit yang tampak kusam disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati dipermukaan kulit. Lulur temugiring mengandung butiran-butiran halus yang dapat mengangkatkulit mati dan kotoran membandel yang tidak hilang dengan proses mandi seperti biasa. Melulur kulit secara rutin akan terjadi regenerasi sel kulit berlangsung optimal dan menyebabkan sel kulit yang baru terbentuk sehingga kulit kulit menjadi lebih cerah dan segar kembali muda.

  1. Melancarkan peredaran darah

Gosokan tangan yang lembut saat melulur tubuh, bertindak sebagai stimulus yang akan memperbaiki predaran darah di pembuluh darah Anda. Peredaran darah yang lancar akan memudahkan kulit mempertahankan kelembabannya sehingga kulit tidak mudah keriput dan kenyal.

 

Khasiat lulur temugiring dapat memberikan kulit Anda berpenampilan yang glowing, segar dan tampak muda dalam waktu singkat.

Bunga Kenanga sebagai bahan tambahan membuat lulur yang memunculan aroma harum

Cara membuat lulur temugiring:

Bahan:

100 gram tepung beras

3 ruas jari rimpang temugiring

2 ruas jari rimpang kunyit

2 lembar daun pandan

3 kuntum bunga kenanga

1 genggam daun kemuning

Kulit jeruk nipis dari 1 buah jeruk nipis

Cara membuat:

  • Cuci bahan sampai bersih kecuali tepung beras
  • Tumbuk semua bahan hingga halus
  • Tambahkan tepung beras
  • Tambahkan air mawar secukupnya lalu campur hingga merata

Cara pemakaian:

  • Gosokkan lulur ke seluruh tubuh sampai merata
  • Biarkan sampai agak mengering
  • Gosok lulur yang sudah agak mengering dengan gerakan melingkar hingga lulur terlepas semuanya
  • Bilas dengan air hangat
  • Anda bisa melakukan luluran ini 2 kali dalam seminggu
Luluran

Dengan membuat lulur sendiri  maka Anda bisa melakukan perawatan kecantikan di rumah saja. Manfaatkan waktu yang lebih banyak di rumah ini untuk perawatan kulit dengan luluran. Dapatkan manfaatnya yaitu kulit menjadi sehat, cerah, harum dan glowing tentunya.

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed