by

Kopi Kristal Banjarnegara

 

Masing-masing daerah sekarang mempunyai produk-produk unggulan.  Masyarakat sekarang menyukai produk-produk asli daerah. Bisa menjadi kebanggaan kalau bisa mengenalkan produk unggulan daerah masing-masing karena bisa sebagai identitas daerah.

Salah satu produk unggulan yang sekarang lagi ngetrend yaitu kopi. Masing-masing daerah mulai menggali potensi ini. Didukung juga dengan trend minuman anak muda yaitu kopi. Minum kopi di kalangan kaum muda sudah mulai menjadi gaya hidup. Penggemar kopi konvensional juga masih exist keberadaannya.

Kalau di kalangan muda cara penyajian kopi sangat bervariasi, dipengaruhi gaya ngopi dari manca negara. Kalau secara konvensional masyarakat kita hanya mengenal penyajian kopi hitam/kopi tubruk, kopi hitam ditambah gula. Ada varian yang berbeda pada penggunaan jenis gulanya. Gula kelapa, gula aren, gula batu atau gula pasir bisa menjadi pilihan pemakaian gula.

Kopi Kristal Banjarnegara

Banjarnegara yang sebagai sentra produksi gula kelapa, sekarang memiliki varian produk baru yaitu gula kristal. Gula kristal ini bahan bakunya sama dengan gula kelapa hanya tehnik membuatnya yang berbeda sehingga memiliki tekstur seperti gula pasir, sehingga mempermudah untuk disajikan besama minuman kopi.

Penggemar-penggemar kopi sejati juga banyak dari kalangan tua, yang menyukai cara penyajian kopi secara konvensional. Kalangan muda juga makin banyak yang menggemari penyajian kopi yang semacam ini.

Sudah menjadi trend juga saat ini orang “back to nature” kembali ke alam. Sesuatu yang berasal dari daerah, produk asli atau budaya asli adalah sesuatu yang diburu termasuk produk kopi ini.

Masing-masing daerah menggali potensi daerah untuk diangkat menjadi trend nasional bahkan internasional. Termasuk kopi asli Banjarnegara ini.

Kopi Banjarnegara sudah dikenal secara nasional bahkan sudah diekspor ke luar negari. Kopi asli disajikan secara konvensional dengan “bland” dengan produk lokal yang lain yaitu gula kristal menghasilkan paduan rasa yang unik dan “nylekamin”.

Kopi Kristal Banjarnegara saat ini sudah memiliki konsumen setia tidak hanya di Banjarnegara tetapi sudah menyebar ke daerah lain seperti di Pati, Jambi, bahkan sudah sampai ke manca negara (Singapore).

 

 

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed