by

KENAPA URBAN FARMING PENTING DAN PERLU

Bertani atau bercocok tanam adalah suatu kegiatan yang harus selalu dilakukan sepanjang masa untuk memenuhi kebutuhan pangan. Tetapi kenyataannya secara geografis lahan pertanian semakin sempit.

Sementara konversi dari lahan pertanian ke lahan non pertanian semakin tak terbendung lagi. Sehingga muncullah wilayah kota baru, sehingga konsep pertanian konvensional tidak mungkin untuk dilakukan. Pertanian kota (urban farming) bisa menjadi alternatif solusi permasalahan sekarang ini.

Kebun Strowberry di areal sempit antar ruang kelas

Teknik budidaya tanaman di perkotaan dilakukan secara intensif dengan teknologi yang memungkinkan produktivitasnya tinggi pada lahan yang sangat terbatas.

Perkembangan teknik pertanian saat ini yaitu konsep urban farming yang memungkinkan untuk dilakukan. Manfaat yang diperoleh dari pertanian kota (urban farming), selain memenuhi kebutuhan konsumsi pangan warga kota, juga memberikan manfaat keindahan dan kebersihan lingkungan hidup di di perkotaan.

Menjadikan Urban Farming Sebagai Trend Gaya Hidup Generasi Milenial

Gaya hidup atau lifestyle merupakan gambaran perilaku, pola dan cara hidup yang ditunjukkan bagaimana seseorang atau kelompok memiliki minat dan ketertarikan sesuatu melalui lambang-lambang sosial yang mereka miliki.

Gaya hidup sangat berkaitan erat dengan perkembangan zaman dan teknologi. Gaya hidup merupakan upaya untuk membuat diri menjadi eksis. Gaya hidup juga merupakan selera pengikat kelompok.

Pengenalan Urban Farming Sejak Dini

Ada faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup seseorang yaitu meliputi sikap, pengalaman dan pengamatan, kelompok referensi, kelas sosial dan kebudayaan. Melalui pengalaman dan pengamatan inilah, gaya hidup dari seseorang atau suatu kelompok bisa mempengaruhi orang lain secara individu atau kelompok, sehingga kelompok lain bisa mengikuti gaya hidup kelompok yang lain.

Jadi melalui gaya hidup ini suatu kelompok bisa mempengaruhi  kelompok yang lain dengan bangga dan senang hati mengikuti gaya hidup yang lagi ngetrend saat ini. Semakin banyak kelompok-kelompok yang mengikuti gaya hidup tersebut, maka pada akhirnya bisa menjadi budaya di masyarakat.

Begitu juga pertanian kota (urban farming) selanjutnya bisa dikembangkan oleh generasi melenial sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada, sehingga urban farming ini bisa menjadi gaya hidup. Sebagaimana trend urbanisasi yang terjadi saat ini, orang berbondong-bondong melakukan urbanisasi dan selanjutnya penduduk kota baru ini berbondong-bondong juga untuk beralih melakukan urban farming.

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed