JAMU LEMPUYANG UNTUK MENGATASI MASUK ANGIN, BABLAS ANGINE

Lempuyang atau puyang (zingiber zerumbet), merupakan jenis rempah-rempah yang berkasiat obat. Rimpangnya sebagai salah satu bahan utama jamu cabe puyang yang sangat populer di masyarakat.

Habitat tumbuhan lempuyang yaitu di daerah tropis, dapat tumbuh pada ketinggian 1 – 1200 mdpl. Lempuyang dapat ditanam di pekarangan rumah atau di kebun, dan berkembang biak dengan akar tinggal (rhizoma/rimpang).

Kandungan Zat Pada Rimpang Lempuyang

Zat-zat yang terkandung di dalam rimpang lempuyang merupakan bahan utama pembuatan obat tradisional karena kandungan zatnya sebagai anti kejang dan dapat digunakan untuk meredakan demam tinggi.

Jenis zat yang terkandung di rimpang lempuyang antara lain: minyak atsiri (0,62%), pati (52,14%), serat (10,76%). lempuyang juga mengandung senyawa zerumbon, senyawa yang berkasiat anti kejang, juga memiliki kandungan kimia limonen yang berbau sedap dan bersifat mengeluarkan gas (karminatif) hasil pencernaan makanan.

Khasiat Rimpang Lempuyang

Rimpangnya biasa digunakan dalam bentuk seduhan/jamu untuk asma, merangsang nafsu makan, pembersih darah, mengurangi rasa nyeri, menurunkan kesuburan pada wanita, pencegah kehamilan, pereda kejang. Bisa juga untuk mengatasi cacingan, paling ampuh untuk mengatasi masuk angin beserta gejala yang menyertainya.

Lempuyang ini juga bisa sebagai ramuan obat luar, yaitu untuk mengurangi rasa nyeri. Linu dan nyeri karena radang sendi ataupun rematik sangat menyiksa penderitanya. Caranya: rimpang lempuyang ditambah dengan bahan lain yaitu cabe jawa dan nasi kering ditumbuk jadi satu. Ramuan ini dioleskan atau dibalurkan di bagian tubuh yang terasa nyeri.

Jamu Cabe Puyang, Mengatasi Masuk Angin Dan Untuk Stamina Pria

Ramuan jamu segar cabe puyang untuk mengatasi masuk angin dan gejala yang meyertainya. Jamu ini berbahan dasar rimpang lempuyang dan bahan tambahan yang lain, mengandung zat karminatif yaitu limonen yang berbau sedap dan bermanfaat mengeluarkan gas sisa dari pencernaan makanan (kentut). kandungan senyawa zerumbon berkasiat anti kejang dan menurunkan demam.

Cabe jawa, bahan tambahan untuk jamu cabe puyang

Resep jamu cabe puyang.

Bahan :

  • 500 gr rimpang lempuyang segar
  • 7 buah cabai jawa
  • 100 gr rimpang kunyit segar
  • 1 sendok teh garam (secukupnya)
  • 1,5 liter air

Cara membuat:

  • Cuci bersih rimpang lempunyang dan kunyit, haluskan (bisa diparut/ditumbuk) lalu peras dan ambil airnya
  • Tambahkan air, cabai jawa dan garam secukupnya, lalu rebus sampai mendidih dan saring

Aturan pakai:

  • Minum 1 gelas jamu cabe puyang, lakukan sehari 2 kali sampai masuk angin sembuh
  • Direkomendasikan sehari minum 2 kali, gejala masuk angin sudah mereda.
  • Jamu ini juga bisa untuk menjaga stamina para pria, dengan minum segelas sehari
Jamu Cabe Puyang

Cara pembuatan obat tradisional yang menggunakan lempuyang sebagai bahan dasarnya tergolong mudah bagi masyarakat awam sekalipun. Walau penggunaan tanaman ini tidak mempunyai efek samping, namun kita tetap harus memperhatikan jumlah atau takaran dari lempuyang yang kita konsumsi supaya terhindar dari dampak negatif yang mungkin terjadi. Ini demi kebaikan dan menjaga tubuh kita sendiri.

 

DAFTAR PUSTAKA:

Sumber: Buku “Pembuatan Jamu Segar Yang Baik Dan Benar”

Kementrian Kesehatan RI, Direktorat Jendaral Kefarmasian Dan Alat Kesehatan, Direktorat Produksi dan Dan Distribusi Kefarmasian, Jakarta, 2018)

 

 

Facebook Comments
__Posted on
May 9, 2020
__Categories
Kesehatan
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *