JAMU BERAS KENCUR, MINUMAN PENYEGAR YANG KAYA MANFAAT

Beras kencur adalah jenis jamu jawa yang memiliki rasa yang manis dan segar sehingga sangat populer. Bahan utamanya beras dan kencur dan juga ada penambahan bahan-bahan yang lain. Walau namanya beras kencur, minuman manis dengan aroma jamu empon-empon yang khas ini diracik dengan bahan tambahan yaitu jahe, asam jawa, gula jawa srta dau pandan.

Beras kencur memiliki aroma dan rasa yang khas, mampu meningkatkan nafsu makan bagi anak-anak. Kita tidak akan kesulitan untuk memberikan pada anak-anak. Walau jamu identik dengan rasanya yang pahit, tetapi jamu beras kencur ini berbeda, memiliki rasa manis dan segar yang pasti disukai anak-anak.

Kandungan Zat Pada Kencur Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Kencur sebagai bahan utama jamu ini, memiliki kandungan zat yaitu pati(tepung) 4,14%, mineral 13,73%, minyak atsiri 0,02%. zat-zat yang terkandung di dalamnya ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya bisa meredakan perut kembung dan masuk angin.

Tanaman kencur

Kencur bisa meredakan kaki yang terkilir atau keseleo dengan cara membalurkan campuran kencur dengan beras yang ditumbuk, di bagian yang terkilir. Kencur juga bermanfaat sebagai obat batuk berdahak, mengobati sakit tenggorokan, dan mengobati sakit maag.

Manfaat Beras Kencur dan Cara Membuatnya

Beras kencur adalah minuman penyegar khas Jawa yang biasa disebut jamu. Bahan utamanya adalah beras dengan kencur. Kombinasi beras dan kencur banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar. Jika diminum secara rutin setiap hari bisa menebalkan dinding lambung sehingga bisa menyembuhkan penyakit maag.

Beras kencur

Rasa manis pada beras kencur bersal dari gula merah(gula jawa atau gula aren), kencurnya menyumbang rasa sedikit pedas. Untuk menambah sensasi pedasnya biasanya ditambah rimpang jahe secukupnya. Rasa segar agak asam pada beras kencur karena ditambah asam jawa/asam kawak.

Manfaat beras kencur

Manfaat beras kencur tidak terlepas dari manfaat kencur yang merupakan komponen utamanya. Berasnya juga juga menambah manfaat, apalagi bila beras yang digunakan adalah beras coklat (kulit ari beras masih utuh) atau beras merah yang kaya nutrisi terutama vitamin B.

Beberapa manfaat beras kencur bagi kesehatan:

  1. Sebagai tonikum

Tonikum adalah minuman yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang memiliki efek positif pada tubuh. Jamu beras kencur termasuk ke dalam tonikum karena memiliki efek tonikum baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Kalau anak balita Anda mengalami sulit menambah berat badan maka Anda bisa memberikan jamu beras kencur untuk bisa menambah nafsu makan sehingga bisa mengatasi masalah berat badan ini.

  1. Mengobati infeksi

Jamu beras kencur mengandung zat-zat antibakteri, sehingga bisa mengobati infeksi

  1. Meredakan peradangan

Selain bersifat antbakteri, beras kencur juga memiliki sifat anti implamasi, sehingga mengonsumsi jamu beras kencur dapat meredakan peradangan.

  1. Meningkatkan sistem kekekalan tubuh

Minum jamu beras kencur secara rutin dapat membantu Anda untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, karena jamu beras kencur mengandung antioksidan.

  1. Mencegah penyakit kanker

Beras kencur memiliki sifat antikanker karena mengandung etil p-metoksisinamat.

  1. Menyembuhkan penyakit kencing batu

Di dalam jamu beras kencur terdapat senyawa yang bisa menghancurkan endapan zat-zat di dalam saluran kemih

  1. Mengobati batuk

Beras kencur juga bisa mengobati batuk sebagai salah satu gejala flu. Karena dia dalam kencur mengandung zat yang bisa mengencerkan dahak sehingga tenggorokan menjadi lega dan rasa gatal di tenggorokan juga hilang.

 

Resep membuat jamu beras kencur, minuman segar yang menyehatkan

Bahan :

150 gram rimpang kencur

200 gram beras putih

50 gram rimpang jahr

50 gram rimpang kunyit

250 gram gula jawa

2 sendok makan asam jawa/asam kawak

2 lembar daun pandan

1 buah jeruk nipis, diperas ambil airnya

1 sendok teh garam

11/2 liter air

Cara membuat:

  • Beras direndam dalam air selama 3 jam
  • Rebus dengan 1,5 liter air semua bahan selain beras dan jeuk nipis, dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai air mendidih
  • Setelah air rebusan mendidih, matikan api. Saring rebusan tadi agar ampasnya terpisah
  • Ambil beras yang sudah direndam, gabung dengan ampas rebusan tadi lalu ditumbuk sampai halus
  • Setelah halus, letakkan kembali tumbukan berbagai bahan tadi di atas saringan.
  • Siram dengan menggunakan rebusan tadi, lalu ditampung di sebuah wadah
  • Masukkan persan jeruk nipis, garam dan gula pasir (sesuai selera). jika ingin rasa yang lebih segar maka Anda juga dapat meminumnya dengan tambahan es batu
Es jamu beras kencur

Jamu beras kencur buatan sendiri, yang bisa dinikmati bersama orang-orang tercinta di rumah. Kalau membuat sendiri di rumah rasanya lebih mantab, dan bisa menjaga kebersihan bahan-bahannya. Lebih bisa melayani selera anggota keluarga, mengenai rasa manisnya atau rasa asamnya. Sehingga keluarga semakin menyukai jamu. Ayo minum jamu…

Facebook Comments
__Posted on
April 3, 2020
__Categories
Kesehatan
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *