GETUK RUNTING JAJANAN PASAR KHAS PATI YANG LEGIT MENGGIGIT

Getuk adalah makanan ringan yang terbuat dari ketela pohon. Getuk ini termasuk kategori jajanan pasar. Jajanan pasar yaitu makanan atau kue tradisional yang diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional pada awalnya. Getuk ini banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Getuk Runting Pati adalah jajanan pasar khas dari desa Runting Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Getuk Runting terbuat dari bahan dasar Ketela pohon atau singkong dengan taburan parutan kelapa dan srundeng manis.

Getuk Runting Pati

Oleh-oleh Khas Pati Yang Manis Dan Legit

Getuk Runting bisa dijumpai di berbagai wilayah di Kota Pati, terutama di sepanjang jalan Pati – Tayu. Dari kota Pati ke arah utara menuju Kecamatan Tayu. Kecamatan Tayu adalah salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Pati bagian utara. Runting adalah salah satu desa yang ada di jalur jalan raya Pati – Tayu.

Share Lokasi warung lopis dan getuk Runting Pak Suri

Getuk Runting memiliki cita rasa yang manis, pulen, empuk, sedikit lengket dan legit. Ditambah lagi setelah ditaburi parutan kelapa dan srundeng di atasnya. Taburan parutan kelapa dan srundeng inilah yang membuat cita rasa getuk Runting ini semakin legit menggigit, yang cocok sekali sebagai oleh-oleh.

Warung Getuk Runting Pati

Getuk Runting ini sangat cocok untuk oleh – oleh atau disantap langsung bersama keluarga. Harga getuk Runting ini relatif terjangkau. Satu porsi hanya  2.500 rupiah saja. Sewaktu saya menikmati getuk di warung ini sekitar 15 menit, sepanjang waktu itu pembeli berdatangan silih berganti  membeli getuk untuk dibawa pulang. Rata-rata pembeli membeli getuk antara 10 hingga 20 porsi untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Dengan uang antara 25.000 – 50.000 rupiah saja, seluruh anggota keluarga sudah bisa menikmati getuk Runting yang legit ini.

Cara Membuat Getuk Runting

Anda ingin membuat getuk Runting di rumah? Di bawah ini saya sajikan resep asli getuk Runting khas Pati yang enak untuk Anda.

Bahan utama : Ketela pohon (singkong) yang berwarna kuning

Bahan pelengkap hidangan : kelapa parut dan srundeng

Cara membuat getuk Runting ini sangat mudah karena terbuat dari bahan-bahan yang sederhana. Berikut panduan sederhana cara membuat getuk Runting :

  • Siapkan singkong atau ketela pohon yang berwarna kuning (sebagai ciri khas getuk Runting).
  • Kupas ketela pohon, cuci dan direbus sampai matang dengan diberi garam pada air rebusannya
  • Setelah rebusan singkong sudah dingin, lalu ditumbuk di tampah yang diberi alas plastik yang tebal.
  • Tumbuk terus menerus sampai pulen, empuk dan menyatu
  • Getuk siap disantap dengan ditambah taburan parutan kelapa dan srundeng di atasnya.

Mudah sekali kan caranya, silahkan untuk mencoba.

Saran Penyajian

Sekarang ini getuk Runting sudah menjadi oleh-oleh khas Pati yang banyak digemari oleh banyak kalangan, mulai dari warga sekitar hingga wisatawan atau pengunjung yang mampir di kota Pati. Jika Anda ingin berburu oleh-oleh khas Pati ini, berikut tips yang bisa digunakan sebagai acuan.

Getuk Runting terbuat dari bahan alami terbebas dari bahan kimia, sehingga getuk ini basi dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, yaitu maksimal sampai 2 hari.  Salah satu penyebabnya adalah parutan kelapanya. Jadi sebagai saran dan rekomendasi: jika Anda menjadikan getuk Runting ini sebagai oleh-oleh khas Pati yang dibawa pulang, segera santap dengan jarak waktu yang tidak lebih dari 2 hari atau masukkan ke dalam kulkas agar lebih awet dan aman.

Getuk Runting disantap bersama dengan kopi lelet pahit

Lebih enaknya, kalau kita santap getuk Runting ini langsung di tempat bersama dengan kopi hitam pahit di pagi hari. Rasanya jelas-jelas legit menggigit dan mak nyus!

 

 

 

 

Facebook Comments
__Posted on
February 16, 2019
__Categories
wisata kuliner
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *