CARA AMPUH MENANGKAL CORONA DENGAN EMPON-EMPON

 

Selasa, 17 Maret 2020 telah ditandatangani oleh mas Mentri Nadiem, surat edaran nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring/online dan bekerja dari rumah dalam rangka penyebaran covid-19. mas Mentri menyatakan bahwa guru dan siswa dapat melakukan aktivitas belajar melalui bekerja dari rumah via konferensi video, dokumen digital, dan sarana online lainnya.

Ini semua adalah salah satu langkah penanganan virus corona yang menyebar dengan cepat. Tetapi yang tidak kalah penting adalah pencegahan/benteng dari dalam tubuh kita sendiri yaitu sistem imun tubuh kita. Ini yang akan saya sampaikan, ternyata bahan-bahan yang ada di sekitar kita, bahkan sangat dekat dengan kita yaitu di dapur bisa kita dapat, sangat efektif untuk meningkatkan imun tubuh kita. Apa saja bahan-bahan itu?

 

Penanganan penyebaran virus corona sangat serius dilakukan oleh pemerintah. Semua bentuk penanganan ini akan berhasil jika seluruh masyarakat turut mendukung. Selain mengikuti cara penanganan virus ini, kita juga bisa berperan aktif untuk keberhasilan penanganan ini.

Empat belas hari merupakan Social Distance adalah untuk meretas daur hidup virus ini. Alangkah baiknya Social Distance ini bisa ditaati seluruh warga negara dan masing-masing individu juga harus menjaga kesehatan pribadi dengan pola hidup bersih dan sehat.mencuci tangan dengan sabun, makan makanan bergizi seimbang, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Bumbu Dapur Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ternyata bumbu dapur yang sudah biasa kita gunakan untuk memasak, bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tidak mudah terinfeksi penyakit. Bumbu dapur yang biasa untuk memasak masakan Indonesia, yang terkenal dengan empon-empon mengandung zat curcumin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

bumbu dapur
kunir, kamijara(sere)

Empon-empon adalah tanaman yang memiliki akar rimpang, seperti jahe, kunyit, kencur, temu lawak, temu giring. Empon-empon dipadukan dengan rempah-rempah yang lain bisa menambah manfaatnya. Berikut beberapa manfaat dari empon-empon yang bisa kita dapatkan di dapur.

Jahe

Jahe

Jahe mengandung berbagai nutrisi dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Jahe memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam membantu kelancaran sistem pencernaan terutama dalam hal membersihkan usus besar, memperlancar buang air besar dan membuang gas beracun. Pencernaan yang sehat membuat tubuh memiliki daya tahan yang lebih baik

Kunyit

kunyit memiliki antioksidan kuat

Kunyit (Curcuma Domestika) memiliki kandungan utama curcumin, adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Rimpang kunyit berkasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan perut khususnya pada lambung, merangsang melepaskan gas di usus, menghentikan pendarahan, dan mencegah penggumpalan darah. Kunyit juga digunakan obat anti gatal, anti septik dan anti kejang, serta mengurangi pembengkaan selaput lendir mulut.

Temulawak

Temulawak

Temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia antara lain berupa fellandrean dan turmerol dan kurkuminoid. Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat menetralkan racun, dan anti oksidan. Manfaat temulawak bagi kesehatan yaitu mengatasi gangguan pencernaan dan memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan.

Kencur

Kencur

Kencur mengandung banyak zat dan senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Memiliki kandungan komponen utama Etip Metoksisinamat. Kencur bila dikonsumsi anak-anak, bisa menambah nafsu makan. Anak-anak yang memiliki nafsu makan yang bagus, maka anaka ini memiliki daya tahan tubuh yang bagus pula. Tanaman ini memiliki antiinflamasi dan anti bakteri, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Jamu Empon-empon Dari Dapur Kita

Beberapa empon-empon yang pasti ada di dapur seperti jahe, kunyit dan kencur kita bisa membuat ramuan/jamu untuk kita konsumsi setiap hari. Bahannya mudah didapat, mudah cara membuatnya. Ayo tunggu apalagi, membuat jamu untuk keluarga kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bisa menolak infeksi segala macam penyakit termasuk covid-19 yang sekarang lagi mewabah.

Jamu empon-empon

Resep jamu empon-empon ala Bunda

Bahan:

3 rimpang jahe

3 rimpang kunyit

7 iris temulawak

7 batang sere

3 batang kayumanis

10 butir cengkeh

10 butir kapulaga

2 liter air

250 gram gula jawa/gula aren

Cara membuat:

  • Semua bahan dicampur, masukkan panci dan tambahkan air
  • Rebus dengan api sedang sampai mendidih, setelah mendidih tunggu beberapa saat (15 menit) biarkan tetap di atas api.
  • Saring air rebusan bahan-bahan tadi
  • Siapkan gelas saji, tuang air rebusan dan tambahkan gula aren atau gula jawa sesuai selera.
  • Jamu kuat daya tahan tubuh siap diminum
Ayo minum jamu

 

Anda bisa berkreasi untuk membuat jamu yang banyak manfaat, dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di dapur.  Ayo budayakan  minum jamu, back to nature, warisan para leluhur yang terbukti nyata manfaatnya sampai zaman sekarang ini. Zaman gonjang-ganjing munculnya virus corona.

 

 

 

 

 

Facebook Comments
__Posted on
March 21, 2020
__Categories
Kesehatan
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *