DAWET AYU BANJARNEGARA, SEGER ANYES LEGI KRENYES

Kakang-kakang pada plesir

Maring ngendi ya yi

Tuku dawet dawete Banjarnegara

Seger anyes legi

Apa iya

Dawet ayu dawete Banjarnegara

 

Sida apa ora, tuku dawet ayu

Dawet Banjarnegara

Seger e rasane, es campurane

Krenyes, duh rasane

Ora baen-baen segere dicampur duren

 

Lirik lagu Dawet Ayu Banjarnegara, menggambarkan kesegaran minuman yang satu ini dawet ayu Banjarnegara. Cuaca di tiga hari terakhir ini yang begitu panas menurut saya cocok untuk menikmati minuman ini. Kalau Anda juga tertarik untuk menikmati es dawet ayu ini, maka saya akan merekomendasikan dimana Anda bisa menikmati minuman ini. Kalau Anda tertarik juga untuk membuat dawet ayu, ada resep untuk membuatnya.

 

Dawet ayu adalah minuman khas Banjarnegara. Minuman ini mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di wilayah Banjarnegara, tetapi sekarang dawet ayu sudah menyebar di seluruh wilayah Banjarnegara, termasuk juga tersedia di depot-depot minuman di pinggir jalan. Seperti depot dawet ayu mbak Neneng di depan kantor pos Purwonegoro jalan raya Banjarnegara – Purwokerto KM 14.

Dawet Ayu, Penjualnya juga ayu

Dawet Ayu Banjarnegara Seayu Penjualnya

Mengapa minuman ini disebut dawet ayu? Ada beberapa versi tentang asal usul penamaan dawet ayu ini.

Versi pertama:

Disampaikan Bapak Tjundarso yang waktu itu sebagai ketua Dewan Kesenian Banjarnegara. Beliau mengatakan bahwa dawet ayu Banjarnegara menjadi terkenal awalnya dari lagu Dawet Ayu Banjarnegara yang diciptakan oleh seniman Banjarnegara bernama Beno.

Lagu ini dipopulerkan oleh group seni calung dan lawak Banyumasan Peang Penjol yang terkenal tahun 1980an. Sejak saat iu orang di wilayah Banyuma mengenal dawet Banjarnegara dengan sebutan dawet ayu. Lirik lagu yang sederhana tetapi mengena.

Versi kedua:

Menurut budayawan Banyumas Kang Ahmad Tohari bahwa berdasarkan cerita turun menurun ada satu keluarga yang berjualan dawet sejak abad ke 20. generasi ketiga penjual dawet itu terkenal karena kecantikannya. Maka dawet yang dijual disebut orang sebagai daet ayu.

Versi ketiga:

Versi yang ketiga ini berasal dari tokoh masyarakat Banyumas KH Khatibul Umam Wiranu menjelaskan bahwa nama dawet ayu muncul dari penjual dawet yang bernama Munardjo, karena istrinya yang terkenal cantik sehingga dawetnya disebut dawet ayu.

Resep Asli Dawet Ayu Banjarnegara

Minuman dawet ayu Banjarnegara ini sekarang sudah menyebar dan terkenal di seluruh nusantara. Bagi Anda yang sudah pernah menikmati minuman dawet ayu di beberapa tempat yang berbeda, pasti ada perbedaan rasa. Hal ini tergantung dari komposisi bahan-bahannya.  Maka dari itu saya tuliskan resep asli dawet ayu Banjarnegara, silakan dicoba dan nikmati kekhasan dawet ini.

Es Dawet Ayu

Resep Dawet Ayu

Bahan cendol dawet:

  • 250 gr tepung beras
  • 60 gr tepung angkrik
  • 100 ml air sari daun pandan
  • 500 ml mendidih
  • 0,5 sendok teh garam

Bahan larutan gula merah:

  • 300 gr gula kelapa
  • 150 ml air
  • daging buah duren

Bahan pelengkap yang lain yaitu es batu, santan kelapa

Cara membuat cendol dawet:

  • Campurkan tepung beras, tepung angkrik, sari daun pandan dengan segelas air aduk rata, lalu masukkan kedalam panci yang airnya sudah mendidih, aduk sampai matang dan mengental.
  • Cetak adonan menggunakan alat pencetak dawet, yang dibawahnya diletakkan wadah yang berisi air matang hangat supaya dawet yang terbentuk tidak menggumpal.

Membuat kuah santan:

Cara 1 : rebus santan dengan diberi daun pandan dan garam sampai mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.

Cara 2 : kelapa yang sudah diparut dituangi air matang yang sudah dingin, diuleni sampai keluar santan kemudian disaring. Santan yang terbentuk bisa langsung digunakan tanpa direbus kembali.

Membuat larutan gula merah:

Gula kelapa dengan air sesuai komposisi, direbus sampai mendidih dan mengental, angkat dan dinginkan kemudian masukkan daging buah duren.sesuai selera.

Cara menyajikan es dawet ayu Banjarnegara:

  1. Sediakan gelas saji, lalu masukkan cendol dawet secukupnya, kemudian tuang santan dan larutan gula merah.
  2. Tambahkan es batu yang sudah diserut, dan es dawet ayu siap untuk dinikmati.

Dapatkan sensasi kesegaran minuman ini:  manisnya gula kelapa dengan aroma dan rasa buah duren serta gurihnya santan menyatu dengan dinginnya es. Dawet ayu Banjarnegara seger anyes legi krenyes.

Selamat menikmati.

.

 

Facebook Comments
__Posted on
January 21, 2020
__Categories
wisata kuliner
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *