by

BUBUR KETAN HITAM, HIDANGAN PARA RAJA YANG MEMILIKI MANFAAT DAN FILOSOFI TINGGI

Melanjutkan artikel tentang bubur Jawa, kali ini tentang salah satu jenis buburJawa yaitu bubur ketan hitam. Jenis bubur ini terbuat dari beras ketan hitam, gula, santan dan garam. Bubur ini memiliki rasa gurih manis.

Bubur ketan hitam jenis kuliner asli Indonesi sejak zaman Majapahit, dan hanya raja yang bisa menikmati hidangan ini. Hidangan yang terbuat dari bahan dasar ketan hitam ini, pada zaman itu hanya raja yang bisa menikmati dan memiliki rasa manis gurih.

 

Makna filosofi dari bubur ketan hitam adalah kebersamaan dan menyatukan, ini perwujudan dari sifat ketan hitam yang lengket. Sehingga hidangan bubur ketan hitam ini termasuk salah satu hidangan pada acara resepsi pernikahan. Dengan do’a dan harapan merekatkan

Bubur Ketan Hitam

tali kasih sepasang pengantin sehingga perkawinannya awet sampai Kaken Ninen.

Hidangan Untuk Para Raja, Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Pada awalnya bubur ketan hitam ini hanya dikonsumsi para raja, namun seiring perkembangan zaman ketan makin banyak diproduksi sehingga bubur ketan hitam bisa dinikmati siapa saja.

Bubur Ketan Hitam, Hidangan Para Raja

Selain makna filosofi bubur ketan hitam yang sudah saya sampaikan di atas, ternyata bahan dasar dari bubur ini yaitu beras ketan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat beras ketan bagi kesehatan antara lain :

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak gampang sakit. Dengan mengkonsumsi ketan hitam daya tahan tubuh kita meningkat.
  2. Mencegah diabetes. Penderita diabetes ini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dengan sifat beras ketan hitam yang anti emplamasi dan kaya antioksidan, jika dikonsumsi dalam janggka panjang berguna untuk mencegah alzaimer dan diabetes
  3. Menjaga elasitas kulit. Ketan hitam mampu meregenerasi sel tubuh sehingga kulit tetap sehat dan awet muda. Anti oksidan yang terkandung didalamnya, mengandung pelembab alami serta dapat mendinginkan kulit.
  4. Memperbaiki kerusakan hati. Peranan hati yang sangat penting bagi tubuh, yaitu sebagai penetral racun. Peran hati yang sangat vital ini, harus diimbangi dengan nutrisi yang tepat. Sehingga bisa mencegah kerusakan hati.
  5. Mencegah kanker dan tumor. Kanker dan tumor adalah penyakit penyakit yang mematikan dan sampai sekarang tidak ada obatnya, yang bisa kita lakukan adalah mencegah (preventif). Dengan mengkonsumsi ketan hitam ini dapat mencegah kanker karena mengandung zat anti kanker.
  6. Mencegah anemia, karena kandungan zat besi cukup banyak di dalam beras ketas hitam.
  7. Memperlambat penuaan
  8. Membersihkan kolesterol dalam darah
  9. Menyuburkan rambut,
  10. Membuat otot tubuh menjadi padat.

Bubur ketan hitam yang manis gurih ini menjadi menjadi makanan khas yang berperan penting dalam tradisi Jawa. Selain itu ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed