BUBUR KACANG HIJAU, HIDANGAN YANG YUMMY BERNUTRISI TINGGI

Bubur kacang hijau adalah bubur yang terbuat dari kacang hijau yang direbus dengan gula jawa dan rempah daun pandan, jahe, dan dihidangkan bersama santan yang direbus. Bahan dasarnya adalah kacang hijau, yang merupakan jenis kacang polong-polongan yang mengandung banyak nutrisi diantaranya protein, fosfor, kalsium, karbohidrat, vitamin  B kompleks , niacin dan serat.

Bubur Kacang Hijau

Filosofi Dan Kandungan Nutrisi Dari Bubur Kacang Hijau, Bisa Menjadi Peluang Bisnis Kuliner.

Bubur kacang hijau yang disajikan dengan tambahan santan, ibaratnya santan itu adalah arus globalisasi, maka kacang hijaunya itu kita, sementara Ketannya adalah barisan orang-orang yang mendukung kita. Meski lautan globalisasi membanjiri kita, jati diri kita/pendirian kita harus tetap kita pegang teguh, dan orang-orang yang mendukung kita (ketan) selaku sahabat selalu menolong kita.

Oleh karena itu, untuk menciptakan bubur kacang hijau yang lezat, walau santannya lebih sedikit daripada kacang hijau, citra rasa dari kacang hijau harus sangat kuat. Kacang hijau sebagai bahan utama hidangan ini mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Kacang hijau mengandung beberapa nutrisi penting diantaranya protein, phosphor, kalsium, vitamin B kompleks, niacin dan serat yang tinggi. Dengan kandungan anti oksidan dan serat yang tinggi diyakini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat kacang hijau bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Kacang hijau mengandung lemak baik dan dapat menghancurkan lemak jahat di dalam tubuh sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Menkonsumsi kacang hijau secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol secara alami.
  2. Mencegah osteoporosis. Kalsium yang ada di kacang hijau bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Massa tulang bertambah maka akan mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis).
  3. Menjaga sistem kekebalan tubuh
  4. Menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungan protein dan zat zink dalam kacang hijau bisa membantu menjaga kesehatan kuku dan rambut. Selain itu, manfaat kacang hijau juga bisa membantu meremajakan kulit berkat kandungan phytoestrogen yang membantu memproduksi kolagen yang bisa menjaga kulit tetap kenyal ( elastis), lembut, serta mencegah penuaan dini.
  5. Menyembuhkan sembelit. Serat yang tinggi dalam kacang hijau dapat membantu melancarkan pencernaan.
  6. Menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam kacang hijau cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau yang dalam masa kehamilan. Biji-bijian ini juga bermanfaat mencegah kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah sampai mencegah kerusakan saraf pada janin.

Resep Bubur Kacang Hijau, Yang Praktis Untuk Bisnis Rumahan

Ada banyak kreasi resep bubur kacang hijau ini. Yang saya sajikan ini resep yang paling praktis dan ekonomis. Setelah mencoba resep dasar ini, Anda bisa berkreasi untuk menarik konsumen.

Bubur Kacang Hijau Resep Original

 

Bahan-bahan

  • 100 gram kacang hijau
  • 5 gelas air
  • 100 gram gula Jawa (gula merah), sisir halus
  • Garam (secukupnya)
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 cm jahe (memarkan)
  • 50 gram gula pasir
  • 100 ml santan kental

Langkah-langkah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Legit dan Manis

  1. Cuci bersih kacang hijau, rendam dengan air hangat kurang lebih selama 30 menit.
  2. Rebus kacang hijau menggunakan 5 gelas air hingga mendidih dan empuk atau mekar.
  3. Tambahkan gula pasir, gula merah, daun pandan, jahe dan garam secukupnya.
  4. Rebus semua bahan hingga gula merasuk ke dalam kacang hijau.
  5. Jika bubur kacang hijau dirasa sudah matang dan empuk sempurna, tambahkan  50 ml santan kelapa.
  6. Koreksi rasa dan tambahkan gula maupun garam untuk dapatkan rasa yang nikmatnya keterlaluan.
  7. Rebus bubur sampai mendidih, angkat dan sajikan ketika masih hangat.
  8. Rebus 50 ml santan kental tambahkan sedikit garam, aduk terus sampai santan mendidih lalu angkat. Santan ini untuk ditambahkan di sajian bubur kacang hijau dengan cara dituangkan di atas hidangan bubur kacang hijau sehingga menambah cita rasa bubur yang legit dan gurih

Tips Merebus Kacang Hijau Cepat Empuk Dan Mekar

Kacang hijau direbus sampai mendidih, dan ditunggu saat mendidih selama 10 menit lalu matikan api. Biarkan selama 30 menit sampai hangat-hangat kuku. Selanjutnya rebus lagi, dalam waktu kurang lebih 10 menit  saat rebusan mendidih kacang hijau sudah menjadi empuk dan mekar. Jadi bisa menghemat waktu untuk merebus.

Kreasi Sajian Bubur Kacang Hijau

Silahkan Anda berkreasi untuk membuat bubur kacang hijau untuk menarik para penggemar kuliner, sehingga bubur kacang hijau yang Anda jual memiliki keunikan tersendiri. Munculkan inovasi-inovasi baru dalam bisnis Anda sehingga bisa menang dalam persaingan.

 

Facebook Comments
__Posted on
March 5, 2019
__Categories
kearifan lokal
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *