by

BISNIS MODAL NOL YANG PALING SIMPEL DAN UNTUNG BESAR

Fenomena zaman sekarang HP android tidak lagi sebagai barang mewah, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Dengan harga yang sangat terjangkau sehingga semua lapisan masyarakat bisa membeli HP ini. Seiring dengan penggunaan HP android di masyarakat, menjadi peluang untuk sarana pemasaran berbagai produk. Sehingga HP ini tidak hanya sebagai barang konsumtif tetapi bisa dimanfaatkan sebagai barang yang produktif yaitu sebagai media pemasaran.

Dua model pemasaran berikut yang bisa dilakukan dengan modal HP android (sebagai barang konsumtif) dengan makna lain modal nol.

Dropshipper
  1. DROPSHIPPER,

Menjadi dropshipper adalah cara yang paling praktis untuk memulai bisnis tanpaperencanaan yang bertele-tele. Dengan modal yang sedikit, bahkan sangat mungkin untuk menjadi dropshipper tanpa modal sama sekali.

Dropship (pengiriman drop) adalah metode manajemen rantai pasokan dimanapengecer tidak menyimpan barang dalam stok tetapi mentransfer pesanan pelanggan dan rincian pengiriman ke produsen, pengecer lain, atau grosir, yang kemudian mengirimkan barang langsung ke pelanggan.

Yang menarik dari tren dropshipping ini adalah ketidaktahuan calon pembeli bahwa ia sedang bertransaksi online dengan pengecer yang sebenarnya tidak memegang produk secara fisik. Transaksi semacam ini hanya mungkin terjadi di bisnis dunia maya.

Yang dilakukan seorang dropshipper (pelaku bisnis dropshipping hanyalah menyebarluaskan informasi produk kepada sebanyak-banyak orang. Ketika dropshipper mendapatkan pembeli, ia akan meneruskan pesanan kepada wholeseller. Dropshipper hanya menawarkan produk kepada pembeli, tanpa perlu menyetak produk sama sekali.

Sebagai dropshipper bisa menjadi pilihan bagi para pemula pelaku bisnis, karena sangat praktis, bisa dengan modal sedikit bahkan tanpa modal. Praktis karena tidak perlu memiliki produk secara fisik, dropshipper tidak perlu ikut berkecimpung dengan perencanaan bisnis yang kompleks dan memakan waktu serta tenaga. Dropshipper tidak direpotkan dengan masalah penyimpanan, pengepakan, dan pengiriman produk.

Dropshipper bisa menjalankan di mana pun dan kapan pun, asal koneksi internet tersedia. Dropshipper bisa menawarkan berbagai jenis produk kepada pembeli lewat medsos.

Ada kelemahan menjadi dropshipper yaitu profit/keuntungan yang tidak terlalu banyak, info stok barang tidak di-update, karena dropshipper tidak memegang produk yang ditawarkan.

Dropshipper menjadi “tameng” lbagi pemasok barang. Dropshipper harus bertanggung jawab terhadap kesalahan yang tidak ia perbuat, misalnya saat pemasok mengirim barang yang cacat, tidak sesuai keinginan pembeli, atau terlambat mengirim barang.

 

  1. RESELLER

Menjadi reseller termasuk sistem penjualan dengan memanfaatkan teknologi yaitu internet. Produk yang dipasarkan dengan cara ini mengambil dari produsen, kamu tinggal memasarkan produk itu medsos di internet.

Untuk bisa memberi nilai tambah dari produk yang akan dipasarkan maka bisa dilakukan pengemasan yang lebih menarik. Kemasan yang menarik bisa meningkatkan harga jual dan sekmen pasar yang lebih luas. Untuk pemula bisa memasarkan produk pangan (jajanan) dan pakaian yang memiliki sekmen pasar yang luas.

Kalau produk yang dipasarkan berupa makan ringan (jajanan), pilihlah produk yang berkualitas bagus. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan cara order ke produsen langsung yang belum ada kemasannya,nanti kamunlakukan pengemasan yang menarik.

Apa saja sih keuntungan menjadi reseller ?

  • Terjangkau hanya dengan modal awal yang sedikit.
  • Bisa mendapat penghasilan tanpa perlu meninggalkan rumah.
  • Bergabunglah di group reseller sehingga bisa berdiskusi permasalahan seputar penjualan.
  • Harga jual kembali bebas ditentukan, apalagi kalau dilakukan pengemasan ulang yang lebih merata.

Dengan pengemasan yang menarik harga jual akan lebih tinggi dan jumlah konsumen semakin banyak.

Bisnis reseller saat ini telah booming di kalangan masyarakat Indonesia. Karena banyaknya muncul bisnis online, sekarang ini ada juga bisnis reseller tanpa modal yang sangat diminati masyarakat.Bisnis online sekarang menjadi bisnis yang menjanjikan.

Tips untuk para reseller:

  1. Pelayanan yang maksimal, menjadikan konsumen puas dengan pelayanan yang diperoleh.
  2. Harus disiplin dan konsisten dalam menjalankan bisnis ini setiap anda ingin berjualan.
  3. Memaksimalkan penjualan dengan menggunakan sosial media karena bisa menunjang jumlah penjualan produk.

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed