by

Bimbel Rumahan Tawarkan Kenyamanan Belajar Pada Anak

Kalau Anda memiliki latar belakang pendidikan sarjana kependidikan, dan mungkin ada kesempatan untuk menjadi guru (sebagai PNS atau GTT) maka peluang membuka jasa Bimbingan Belajar (bimbel) ini bisa menjadi pilihan.

Semua orangtua menginginkan anaknya menjadi pandai. Sehingga kalau ada tawaran untuk membantu anaknya menjadi pandai melalui bimbingan belajar maka orangtua pasti tertarik untuk mengikut sertakan anaknya pada tempat bimbingan belajar.

Suasana Bimbel di Kompleks Perumahan

Langkah awal yang Anda lakukan yaitu mempublikasikan tentang keberadaan tempat bimbel Anda. Manfaatkan rumah tempat tinggal Anda sebagai tempat bimbel supaya bisa menghemat biaya karena tidak perlu sewa tempat. Anda bisa membuat brosur sendiri dan memperbanyak dengan cara difotocopy.

Brosur ini digunakan untuk mempromosikan bimbel kita. Dalam brosur tersebut dicantumkan produk yang kita tawarkan, alamat bimbel dan nomer telepon yang jelas dan aktif sepanjang hari untuk melayani orang yang tertarik dengan tawaran kita.

Manfaatkan ruangan yang ada di rumah dan tenaga pengajarnya kita Anda sendiri. Dalam mengawali bisnis ini semua ditangani sendiri untuk meminimalkan modal/bahkan bisa dikatakan modal nol.

Kalau Anda tidak memiliki latar belakang menjadi seorang guru, maka harus mengubah strategi. Langkah awal Anda membuat brosur yang isinya: dibutuhkan guru les freelens untuk bimbingan pada siswa SD, SMP. Ini salah satu contoh. Brosur ini disebar di luar lingkungan Anda tinggal. Setelah itu membuat brosur untuk menggaet calon peserta bimbel di lingkungan rumah.

Brosur dibuat masing-masing 100 lembar kemudian disebarkan pada tempat-tempat strategis. Dari 100 lembar yang disebar paling tidak ada 10 yang tertarik. Kalau kita mendapatkan calon guru les lebihdari yang kita butuhkan maka kita bisa adakan seleksi untuk memilihnya.

Selanjutnya tinggal membicarakan finansial dengan para peserta bimbel dan juga dengan para calon guru les yang direkrut. Tarif bimbel disesuaikan dengan kondisi ekonomi di lingkungan rumah kita. Tidak perlu takut tarif yang kita tetapkan kemahalan bagi orang tua siswa. Bagaimanapun kondisinya, orang tua siap memangkas uang belanja bulanan demi memberikan pendidikan terbaik bagi putra putrinya.

Tawarkanlah nilai tambah pada tempat bimbel kita yang tidak diberikan pada bimbel-bimbel besar. Contohnya antara lain:

  1. Buatlah suasana belajar yang kekeluargaan, menarik. Untuk itu tutor (guru les)harus bisa membangun kedekatan dengan peserta bimbel.
  2. Setiap peserta bimbel diperhatikan satu persatu hingga benar-benar memahami materi yang diajarkan.
  3. Tawarkan bantuan kepada peserta bimbel untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed