BERTANI KEKINIAN, BANGKITKAN MINAT KAUM MUDA TEKUNI BIDANG PERTANIAN

Bertani merupakan suatu aktivitas manusia yang menghasilkan pangan untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri. Kalau tidak ada anak muda yang mau bekerja di bidang pertanian, lalu siapa yang akan menyediakan pangan bagi penduduk dunia ini nantinya.

Masalah kebutuhan pangan akan selalu ada sepanjang masih ada kehidupan ini. Hal ini berarti kegiatan atau usaha yang berkaitan dengan produksi pangan menjadi usaha yang nggak ada “matinye” deh, istilah zaman sekarang.

Saat ini sektor pertanian didominasi oleh orang tua. Yang menjadi permasalahan sekarang adalah bagaimana menarik minat para generasi muda untuk terjun menekuni sektor pertanian sebagai profesi yang menjanjikan, sama dengan profesi lain yang menjadi impian kaum muda.

Yang Muda Yang Bertani “keren”

Bertani itu Keren dan Kekinian

Faktor lainnya yang lumayan sulit untuk menarik minat generasi muda untuk berprofesi petani adalah faktor dari orang tua. Masih banyak orang tua atau bahkan hampir tidak ada yang menginginkan anaknya jadi petani. Harus ada penyadaran tentang ini pada orang tua. Bertani sekarang tantangannya berbeda dengan bertani secara konvensional yang nota bene lahannya masih luas. Bertani sekarang memiliki tantangan yang sangat berbeda, yaitu lahan yang semakin sempit.

Masalah ini harus dipecahkan secara kreatif. Masalah lahan yang semakin sempit, sementara kebutuhan pangan semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Kesadaran tentang gaya hidup sehat juga semakin meningkat, sehingga kebutuhan bahan pangan yang sehat juga meningkat, terutama produk pangan organik. Hal inilah yang harus dipenuhi sekarang berkaitan dengan pengadaan bahan pangan hasil pertanian sekarang. Jadi cara bertaninya juga harus berubah. Hal inilah yang menjadi tantangan sekaligus peluang bagi generasi muda untuk berkiprah lebih banyak pada bidang pertanian.

Bertani di Halaman Rumah

Kontribusi dari kaum generasi muda sangat penting agar target swasembada dan ketahanan pangan tercapai. Perlu ada terobosan baru cara bertani yang bergaya kekinian, yang bisa menghapus anggapan bahwa bertani itu kuno, nggak menjanjikan hasilnya, nggak keren. Terobosan itu bisa berupa bertani (bercocok tanam) ala urban farming.

Dengan bertani ala urban farming, akan hilang kesan-kesan tadi. Semakin banyak sekarang kaum muda yang menekuni bidang pertanian ala urban farming. Sekarang sudah banyak yang berhasil menjadi pengusaha muda  sukses dan bangga sebagai petani yang kekinian.

Facebook Comments
__Posted on
March 3, 2019
__Categories
Urban Farming
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *