by

Berkebun Itu Asyik, Untuk Aktivitas Fisik di Hari Libur

Hari libur saatnya untuk refreshing setelah sepekan sibuk dengan urusan pekerjaan. Banyak orang merencanakan kegiatan di hari libur ini untuk tujuan refreshing, kadang mencari tempat yang spesial dan cukup jauh dari rumah. Dan yang jelas memerlukan biaya yang lumayan.

1. Aktifitas Fisik Yang Menyehatkan dan sekaligus Detoks 

Sebetulnya refreshing ini bisa dilakukan dengan kegiatan sederhana, murah meriah, semua anggota keluarga bisa ikutan dan justru bisa menghasilkan. Sebenarnya kita tidak asing lagi dengan kegiatan yang namanya “berkebun”. Aktifitas menanam ini bisa dilakukan di sekitar rumah saja. Tidak harus ada lahan yang luas, tapi bisa memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah.

Berkebun Bersama Keluarga

Saat menyangkul, menyiangi tanaman, membersihkan gulma di sekitar tanaman ini bisa membuat badan berkeringat. Hal ini merupakan salah satu cara tubuh melakukan detoks (membuang zat beracun yang ada di tubuh). Apalagi kalau yang kita tanam sudah bisa berproduksi

 

 

2. Sayuran dan Buah Organik Yang Dipetik Langsung dari Halaman Rumah

Tanaman yang biasa ditanam di sekitar rumah yaitu jenis sayuran dan buah. Kenapa sayuran? Atau buah yang ditanam? Dua jenis tanaman ini bisa ditanam di lahan yang terbatas dan cepat berproduksi.

Tomat cerry

Tomat cerry ini salah satu tanaman sayuran yang sangat mudah cara menanamnya dan cepat berbuah. Bisa sebagai buah yang dapat langsung dinikmati atau untuk pelengkap sayur (sayur sop) misalnya.

 

 

3. Lakukan prosesnya, Nikmati Hasilnya dan Rasakan Manfaatnya

Ada kepuasan tersendiri kalau bisa menikmati hasil kita menanam. Menanam sayur dan buah di kebun sendiri dengan tujuan swakonsumsi, maka kita bisa menanam secara organik sehingga menghasilkan sayur dan buah yang organik.

Menu Makan Siang: pepes kemangi dan lontop sambal rujak

Pangan organik dapat diartikan pangan yang ditanam atau diproduksi tanpa bantuan zat kimia seperti pupuk, pestisida, hormon dan obat-obatan.

Manfaat pangan organik yaitu menjaga sistem metabolisme tubuh sehingga berjalan dengan baik, menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh, mencegah obesitas. Karena pangan organik  tidak mengandung zat kimia berbahaya sehingga semua kandungan yang ada di dalam pangan tersebut bersifat alami maka hal tersebut sangat baik untuk mencegah obesitas. Masalah obesitas ini bisa juga menimpa pada anda dan keluarga.

 

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed