BERBICARALAH LAYAKNYA SEORANG PEMIMPIN, MAKA MIMPIMU AKAN MENJADI NYATA

Judul Buku : BICARA ITU ADA SENINYA  (Rahasia Komunikasi Yang Efektif)

Penulis : Oh Su Hyang

(Dosen dan pakar komunikasi terkenal di Korea Selatan)

Nama Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Kelompok Gramedia

Cetakan Pertama : April 2018

Cetakan ketiga     : Juli 2018

Tebal Buku           : 238 halaman

Judul Resensi              : BERBICARALAH LAYAKNYA SEORANG PEMIMPIN,  MAKA MIMPIMU AKAN MENJADI NYATA

Buku ini terdiri dari 5 bab

  • Gagasan pokok  bab I yaitu tentang mengubah cara bicara bisa mengubah hidup, pandai berbicara bukan bawaan dari lahir.
  • Gagasan pokok bab II : hal paling dasar untuk bisa berbicara adalah harus pintar mendengar.
  • Gagasan pokok bab III: story telling yang bisa menginspirasi dan memotivasi
  • Gagasan pokok bab IV: keluarnya ucapan atau bicara ditentukan oleh dalamnya isi
  • Gagasan pokok bab V : pentingya berlatih bicara

Ringkasan buku

Berbicara adalah salah satu bentuk komunikasi. Bicara yang tidak asal bicara, tetapi ada teknik dan seninya. Oh Su Hyang penulis buku ini adalah seorang pakar komunikasi terkenal di Korea Selatan. Di dalam bukunya ini ada teknik-teknik cara bicara dan seni berbicara yang bisa dipelajari dan berlatih sehingga siapapun bisa menjadi pembicara yang hebat.

Buku “Bicara Itu Ada Seninya” di dalam salah satu bab yaitu di bab yang ketiga dijelaskan tentang story telling. Teknik berbicara dengan bercerita yang bisa menggetarkan hati orang yang mendengar. Berbicara dengan teknik story telling bisa membuat pendengar terinspirasi dan termotivasi, berbicara layaknya seorang pemimpin.

Kemampuan berbicara yang baik tidak bawaan sejak lahir, tetapi bisa karena selalu berlatih. Hal yang paling mendasar untuk bisa berbicara adalah menjadi pendengar yang pintar. Orang yang berbicara dengan mahir akan lebih maju daripada yang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Buku ini

Kelebihan buku ini adalah ditulis oleh pakar komunikasi berdasarkan pengalamannya. Di dalam buku ini juga ada tips berbicara dari para praktisi yang memiliki kemampuan bicara yang hebat dari pembawa acara televisi, narator film dokumenter, pembawa acara komedi, dan ada juga dari seorang politikus. Isi buku ini memotivasi pembaca untuk berlatih berbicara dengan mahir.

Kekurangan dari buku ini yaitu tokoh-tokoh orang yang mahir berbicara kebanyakan dari negara Korea Selatan, sehingga pembaca kurang nyambung dengan reputasi dari tokoh-tokoh itu.

Kesimpulan

Buku ini bisa menjadi referensi pembaca untuk mengasah kemampuan berbicara, siapapun Anda. Kemampuan berbicara bukan bawaan dari lahir, tetapi bisa diasah dengan kepintaran mendengarkan dan latihan berbicara sesuai dengan tips-tips yang ada di buku ini.

Selamat membaca dan berlatih untuk bisa berbicara layaknya seorang pemimpin yang menginspirasi dan memotivasi.

Facebook Comments
__Posted on
August 10, 2020
__Categories
RESENSI BUKU
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *