by

AKTIVITAS BERKEBUN MENANDAKAN MANUSIA BERBUDAYA

Aktivitas berkebun bisa dilakukan oleh semua lapisan masyarakat dan semua tingkatan umur. Terutama bagi anak-anak, dengan kegiatan berkebun ini memberikan kesempatan pada anak untuk bisa bereksplorasi.

Hasil dari bereksplorasi inilah yang diharapkan untuk membentuk anak memiliki karakter yang kuat, dalam kehidupannya ke depan sebagai manusia dewasa yang hidup di lingkungan masyarakat.

Berkebun bersama keluarga

Selain menyenangkan, aktivitas berkebun ini memiliki manfaat yang banyak, diantaranya:

1. Menjaga kestabilan tubuh

Aktivitas berkebun mengharuskan si anak untuk banyak bergerak, terutama saat membersihkan kebun, mengolah tanah, menyirami tanaman, dan aktivitas lainnya. Sehingga tubuh akan berkeringat.

2. Sarana untuk refreshing

Dengan melakukan aktivitas berkebun di hari libur, sehingga bisa menjadi ajang menyegarkan pikiran, untuk sejenak lepas dari kegiatan rutintas.

3. Membakar kalori

Melakukan kegiatan dalam rangka berkebun, misalnya membersihkan lahan, menyiapkan lahan untuk menanam misalnya mencangkul akan mengakibatkan berkeringat. Hal ini bisa membakar kalori, dan badan menjadi sehat.

4. Memberikan efek kebahagiaan

Anak-anak akan sangat senang ketika daun tanaman bertambah, ada tanamn yang berbunga, dan nanti akan melihat tanaman mulai berbuah. Pasti menjadi kebanggaan tersendiri untuk bisa ikut berperan dalam melestarikan alam.

5. Meningkatkan daya kreativitas

Kebun yang ditumbuhi berbagai macam tanaman dengan berbagai bentuk daun, warna daun, bentuk bunga, dan warna bunga bisa menjadi sarana belajar bagi anak.

6. Mengharmoniskan hubungan anak dan orang tua

Bila aktivitas berkebun ini dilakukan bersama keluarga, maka dapat meningkatkan keharmonisan hubungan antara orang tua dan anak.

7. Memberikan efek semangat

Setelah berkebun bersama seluruh anggota keluarga, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama akan menghasilkan bahan pangan (sayur dan buah) yang bisa dinikmati bersama. Hal ini akan lebih membanggakan, menikmati sayuran dan buah hasil kebun sendiri.

Pembiasaan berkebun sejak dini

Dari manfaat-manfaat yang diperoleh dari aktivitas berkebun yang berupa perilaku hasil dari mendayagunakan akal dan budinya untuk menciptakan kebahagiaan. Menciptakan kebahagiaan hidup manusia itu pada hakekatnya adalah sesuatu yang baik, benar dan adil, maka hanya manusia yang selalu berusaha menciptakan kebaikan, kebenaran, dan keadilan sajalah yang berhak menyandang gelar manusia berbudaya.

 

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed