ADAPTASI TEKNOLOGI MASA DEPAN DENGAN PJJ DI MASA PANDEMI COVID-19

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi ini merupakan tantangan yang terjadi di banyak negara. Persiapan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh memerlukan waktu yang cukup lama karena diperlukan adaptasi teknologi terutama adalah penggunaan internet. Tetapi dengan adanya pandemi ini memaksa guru, orang tua dan peserta didik membuat inovasi baru dalam pembelajaran yang berbasis internet.

Pembelajaran Jarak Jauh

Investasi Teknologi Masa Depan di Era Pandemi

Pandemi COVID-19 ini sangat berdampak pada dunia Pendidikan. Adanya wabah pandemi  ini menghambat kegiatan pembelajaran yang biasanya berlangsung secara tatap muka. Meskipun begitu wabah pandemik ini justru menjadi katalisator hebat yang memacu dunia pendidikan dalam memanfaatkan teknologi informaasi dalam aktivitas pembelajaran jarak jauh.

Salah satu tantangan terbesar dalam pelaksanaan model pembelajaran jarak jauh adalah guru dan siswa belum terbiasa menggunakan sistem pembelajaran online. Hal ini memerlukan dukungan dan mentoring untuk menyesuaikan dengan model pembelajaran yang baru ini.

Terjadi perubahan yang besar dalam hal penguasaan Teknologi Informasi oleh guru dan siswa. Hal ini merupakan investasi penguasaan teknologi masa depan. Secara alami perlu waktu yang cukup lama, kurang lebih 5 tahun, tetapi dengan adanya pandemi ini masyarakat terutama peserta dan guru belajar lebih cepat untuk penguasaan teknologi, karena memang sangat dibutuh saat ini.

Munculnya Inovasi Di Tengah Pandemi

Pandemi ini mengantarkan dunia Pendidikan pada era kekhawatiran dan sekaligus tantangan. Tantangan memunculkan peluang baru untuk mendapatkan solusi dari berbagai persoalan termasuk dunia pendidikan  di Indonesia.

Pandemi COVID-19 yang datang secara tiba-tiba, menyebabkan pemerintah memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selama peserta didik menghabiskan waktu belajar di rumah, hal ini menuntut adanya kolaborasi yang inovatif antara orang tua dan guru sehingga peserta didik tetap bisa belajar di rumah secara online dengan efektif.

Di masa pandemi ini terjadi penurunan kualitas pendidikan, target materi kurikulum tidak tercapai, tetapi di sisi lain munculnya kreativitas guru dalam pembelajaran. Kemendikbud meminta para guru untuk selalu berinovasi di tengah pandemi ini dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Teknologi Sebagai Alat Sedangkan Sistem Sebagai Penggeraknya

Pendidikan di Indonesia saat pandemi ini sangat tergantung pada teknologi terutama teknologi informasi untuk keberlangsungan Pembelajaran Jarak Jauh. Teknologi pada dasarnya adalah alat, yang lebih penting dari semua ini adalah sistem dan konten pembelajaran.

Proses pembelajaran harus tetap berjalan sebagaimana mestinya dan tidak terganggu karena prosesnya dipindahkan ke rumah tanpa adanya tatap muka antara guru dengan peserta didik. Perlu perhatian tidak hanya teknologi, tetapi sistem dan konten di dalamnya. Yang termasuk bagian dari sistem adalah sekolah, guru, orangtua dan peserta didik. Di dalam sistem ini  dapat menumbuhkan kesadaran untuk belajar meskipun tidak diawasi langsung oleh guru.

Pembelajaran Jarak Jauh sebagai proses pembelajaran di era pandemi ini sekaligus sebagai evaluasi dan menguji teknologi, sistem, dan konten Pendidikan yang ada di Indonesia. Setelah selesai pandemi ini Indonesia tidak hanya kembali seperti semula, tetapi juga mengalami perbaikan, adaptasi teknologi  dan lebih siap menghadapi perubahan.

Kesimpulan

Pembelajaran Jarak Jauh di era pandemi COVID-19 menghasilkan perubahan penguasaan teknologi oleh guru, orang tua dan peserta didik yang terjadi lebih cepat. Kualitas pendidikan memang menurun, target kurikulum tidak tercapai, tetapi komponen sistem dalam konten Pendidikan mengalami perbaikan dalam adaptasi teknologi dan lebih siap dalam menghadapi perubahan.

 

 

Daftar Referensi:

Membedah Tentang Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID-19:

www.ugm.ac.id

Dampak Positif Pembelajaran Online: https://jurnal.uinjkt.ac.id

7 Dampak Positif Pandemi COVID-19 Bagi Dunia Pendidikan: https://suteki.ac.id

Facebook Comments
__Posted on
July 4, 2020
__Categories
Pendidikan
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *