Menanam Tanaman Pangan di Halaman Rumah, Oke Juga.

Menanam di halaman rumah? Kenapa nggak. Aktivitas menanam atau berkebun bisa untuk menyalurkan hobi yang bersifat refreshing. Dari hobi inilah terbuka peluang usaha. Apalagi kalau menanam di halaman rumah sendiri. Waktu untuk kegiatan menanam menjadi lebih fleksibel.

Memanfaatkan pagar halaman untuk menanam buah

Menanam di halaman rumah bisa dilakukan saat sudah pulang dari bekerja atau dilakukan saat hari libur. Kalau Anda sebagai Ibu rumah tangga maka aktivitas menanam bisa Anda lakukan di sela-sela mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Anda bisa lakukan aktivitas menanam ini tanpa harus meninggalkan rumah. Pekerjaan rumah selesai dan bisa melakukan pekerjaan lain yaitu menanam yang bisa untuk berwirausaha produk pangan.

Untuk mengatasi problem global ini perlu terobosan baru dalam bercocok tanam. Teknik bertanam yang diperlukan yaitu bertanam di lahan yang sempit, dan bisa menghasilkan produk pangan dalam jumlah banyak.

Bertani secara vertikultur bisa menjadi solusi. Vertikultur yaitu bertanam dengan wadah tanaman yang disusun bertingkat. Teknik ini tidak perlu lahan yang luas tetapi bisa memaksimalkan jumlah tanaman yang ditanam di lahan tersebut, tergantung teknik penyusunannya mau berapa tingkat vertikal ke atas.

Tanaman Buah di Halaman Rumah, Sumber Pemenuhan Gizi Keluarga

Vertikultur ini bisa dilakukan di halaman rumah yang sempit, atau bahkan mungkin rumah Anda tidak memiliki halaman. Karena teknik ini bisa dilakukan di tiang-tiang teras Anda atau wadah tanamn bisa digantung secara bersusun.

Tanaman pangan yang banyak dibudidayakan secara vertikultur yaitu tanamn sayuran dan buah-buahan. Di buku ini penulis memfokuskan untuk bertanam strawberry secara vertikultur.

Selama ini orang mempunyai anggapan bahwa  menanam di halaman rumah ya berupa tanaman hias, dengan tujuan halamannya menjadi cantik berseri. Padahal sebenarnya halaman rumah bisa ditanami tanaman yang lebih produktif dan sangat dibutuhkan orang yaitu berupa tanaman pangan yang bisa untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Halaman tidak sekedar menjadi cantik berseri tetapi bisa menghasilkan produk pangan yang merupakan kebutuhan primer manusia. Pangan selamanya akan tetap dibutuhkan sepanjang masih ada kehidupan ini.

Sumber Vitamin C

Seiring dengan pertumbuhan penduduk maka harus diikuti dengan pertumbuhan produk pangan supaya tidak terjadi kesenjangan. Kalau terjadi kesenjangan dalam hal ini berarti ada sebagian saudara kita yang tidak bisa memenuhi kebutuhan pangannya alias kelaparan.

Memiliki halaman yang luas, dengan hiasan berbagai tanaman sungguh menjadi idaman setiap orang. Tetapi di zaman sekarang ini hampir tidak mungkin apalagi di kompleks perumahan kota.

Di daerah pedesaan saja mulai terjadi alih fungsi lahan dari lahan pertanian menjadi lokasi pabrik atau lokasi pembangunan perumahan. Karena memang kebutuhan tempat tinggal juga merupakan kebutuhan primer manusia.

Sekarang bermunculan kompleks perumahan-perumahan baru yang memang sangat dibutuhkan masyarakat.di satu sisi kebutuhan tempat tinggal terpenuhi dengan pengalihan fungsi lahan tersebut, tetapi di sisi lain muncul masalah yaitu berkurangnya lahan pertanian.

Halaman rumah jika dikelola dengan baik maka dapat memberikan manfaat lebih bagi kehidupan keluarga. Contohnya dengan menanam tanaman produktif seperti tanaman buah, sayuran, rempah-rempah, tanaman obat, tidak sekedar tanaman hias.

Dengan menanam tanaman produktif di halaman rumah akan memberi keuntungan ganda yaitu keuntungan di bidang jasmani dan rohani. Keuntungan jasmani yang didapat adalah tersedianya produk pangan dan keuntungan rohaninya berupa kepuasan batin bisa memanen buah dan sayuran dari halaman rumah hasil berkebun bersama keluarga.

Tanaman Mentimun di Halaman Rumah

Halaman rumah dapat memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga seperti tempat bermain, tempat rekreasi, sumber pangan dan juga bisa sebagai sumber pendapatan.

Pemanfaatan lahan di sekitar rumah, baik di desa maupun di daerah perkotaan dapat mendukung ketahanan pangan nasional. Sekarang ini saatnya kita maksimalkan pemanfaatan halaman rumah untuk budidaya tanaman pangan.

Facebook Comments
__Posted on
September 25, 2019
__Categories
Urban Farming
Avatar

Author: Wartini, S.Pd. Bio

Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *