by

10 jajan pasar tradisional yang tetap digemari sepanjang zaman

Jajan pasar adalah makanan atau minuman yang biasa dijual di pasar. Lebih spesifik lagi di pasar-pasar tradisional.

Sejak zaman dulu sampai sekarang makanan dan minuman yang termasuk kategori jajan pasar ini masih sangat digemari. Penggemarnya semakin bertambah seiring dengan bertambahnya generasi muda yang menggemari jajan pasar ini.

 

 

10 Jajan pasar tradisional yang tetap digemari sepanjang zaman

Jajan pasar tradisional diolah dari bahan alami (organik) dan diolah dengan cara tradisional.

1.Getuk

Jajanan ini paling banyak dikenal orang. Getuk terbuat dari ketela direbus/dikukus kemudian dihaluskan. Cara penyajiannya dengan dibubuhi kelapa parut yang dicampur dengan sedikit garam. Ada juga getuk yang ditambahi gula jawa saat menghaluskan, sehingga rasanya manis dan gurih. Cara menyajikannya dengan digoreng lebih dahulu

 

2. Cenil

Terbuat dari tepung kanji, yang dibentuk bulat-bulat kemudian dikukus dan ditambahkan kelapa parut dan juruh(gula jawa yang dicairkan dan direbus sampai kental). Rasanya gurih-gurih kenyal. Dihidangkan dengan pincuk daun pisang, akan menambah aroma hidangan ini lebih menggoda.

 

3. Gesret

Ketela pohon diparut dengan parutan khusus yang namanya gesret. Ketela parut ini kemudian dikukus dan diberi gula jawa. Sebagai pelengkapnya yaitu kelapa parut.

 

4. Grontol

Jagung direbus sampai matang, disajikan dengan juruh (gula jawa bentuk cair) dan kelapa parut yang diberi sedikit garam. Dinikmati bersama kopi rempah, yummy….

 

5. Srabi

Jajanan yang namanya srabi ini di setiap daerah memiliki resep yang beraneka ragam. Apalagi sekarang banyak inovasi-inovasi baru dengan ditambah toping yang beraneka ragam. Tetapi resep srabi yang original tetap banyak dicari.

Srabi resep original

Srabi rasa original terbuat dari tepung beras dicampur dengan kelapa parut dan diberi sedikit garam. Tepung beras dan kelapa parut dicampur dan ditambah air sehingga menjadi adonan yang siap digoreng sangan (tanpa minyak) pada cetakan khusus. Untuk variasi rasa ada sebagian adonan yang dicampurdengan gula Jawa halus sehingga menambah rasa gurih manis pada srabi.

 

6. Klepon

Jajan pasar yang satu ini sangat populer di masyarakat, dari anak muda sampai orang tua. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibuat adonan dengan dicampur pewarna alami warna hijau. Pewarna hijau ini terbuat dari ekstrak daun suji dan daun pandan. Paduan dari keduanya menghasilkan warna hijau yang cantik dan aroma yang wangi khas wangi daun pandan.

Klepon

Cara membuatnya : aduk tepung beras ketan, ekstrak pewarna hijau dan air secukupnya sehingga terbentuk adonan yang bisa dibentuk bulat.  Ambil sedikit adonan, dibentuk bulat dan isi dengan gula Jawa yang disisir halus lalu bulatkan. Adonan yang sudah berbentuk bulat-bulat tadi kemudian direbus di dalam air mendidih. Tunggu sampai adonan tadi terapung, lalu tiriskan. Klepon ini disajikan dengan menambahkan kelapa parut yang diberi sedikit garam.

 

Klepon dengan gula meleleh

Tapi hati-hati saat menikmati klepon ini. Isi gula Jawa yang ada di dalam klepon akan menjadi cair saat direbus. Pastikan klepon masuk di dalam mulut dengan sempurna dan bibir menutup rapat baru klepon dikunyah. Sehingga muncratnya gula cair itu berada di dalam mulut dan tidak ke mana-mana.

 

 

Jajan pasar tradisional ini adalah makanan dan minuman organik, sehingga potensi penggemarnya makin meningkat seiring dengan tren gaya hidup sekarang yaitu “back to naturre

Rekan – rekan yang berminat untuk mengembangkan bisnis kuliner, bisa pilih bisnis jajan pasar ini

 

About Author: Wartini, S.Pd. Bio

Avatar
Guru Go Blog, hobi menulis buku. Suka tantangan, penyuka kopi hitam. Seorang ibu dari 2 anak. Melalui blog ini berbagi inspirasi untuk kalangan guru dan masyarakat.

Comment

News Feed